16 Senjata Api Petugas Terbakar saat Kerusuhan Rutan Kabanjahe

16 Senjata Api  Petugas Terbakar saat Kerusuhan Rutan Kabanjahe

Rutan Klas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo Sumut terbakar saat terjadi kerusuhan. (foto - ist)

Medan - Sedikitnya16 pucuk senjata api dilaporkan terbakar dalam kericuhan di rumah tahanan negara (Rutan) Klas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara, pada Rabu 12 Februari 2020. Enam di antaranya merupakan senjata laras panjang.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Rika Aprianti dalam keterangannya, Jumat (14/2/2020) dinihari.

"Ditemukan senjata api yang terbakar, terdiri atas 10 pucuk laras pendek dan enam pucuk laras panjang," katanya. Senjata api itu merupakan milik petugas keamanan rutan.

Ia memastikan, tidak ada warga binaan yang memegang senjata api ketika kericuhan tersebut terjadi. "Warga binaan pemasyarakatan tidak ada yang memegang senjata api".

Rika menyatakan, pasca-kericuhan polisi telah menetapkan sebanyak 20 orang warga binaan sebagai tersangka. Mereka disidik untuk pengrusakan dan pembakaran rutan. Saat kerusuhan terjadi, jumlah penghuni di Rutan Klas IIB Kabanjahe mencapai 410 orang. Terdiri atas 204 warga binaan dan 206 orang tahanan.

Dari 204 warga binaan, terdiri atas 188 pria dan 16 wanita. Sementara dari 206 tahanan terdiri atas 192 pria dan 14 wanita. Sebanyak 191 warga binaan telah dipindahkan ke sejumlah lapas dan rutan yang tersebar di Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut.

Sebanyak 4 warga binaan dipindahkan ke Lapas Kelas I Medan, 61 warga binaan ke Lapas Binjai, 76 warga binaan ke Lapas Pemuda, 34 warga binaan ke Rutan Sidikalang dan 16 warga binaan Lapas Perempuan.

Sementara 198 tahanan di Rutan Kelas IIB Kabanjahe dipindahkan ke sejumlah Polsek wilayah Karo. Yakni 5 orang ke Polsek Payung, 5 orang ke Polsek Tiga Binanga, 10 orang ke Polse Simpang Empat, 20 orang ke Polsek Juhar, 20 orang ke Polsek Tiga Panah, 5 orang ke Polsek Barus Jahe, 5 orang ke Polsek Munte 5 orang, 10 orang ke Polsek Berastagi (Wanita) 10 orang dan 118 orang ke Polres Tanah Karo. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,