Wisatawan Geopark Ciletuh Tak Bisa Pulang Terjebak Longsor

Wisatawan Geopark Ciletuh Tak Bisa Pulang Terjebak Longsor

Longsor melanda ruas jalan tanjakan Cipeucang Kabupaten Sukabumi. (foto - ist)

Sukabumi - Sejumlah wisatawan terjebak di lokasi wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jabar. Pasalnya, mereka tak bisa pulang karena akses jalan lumpuh total akibat banjir dan tanah longsor.

"Hari MInggu ini memang banyak pengunjung datang menggunakan mobil dan motor mayoritas dari Jakarta dan Bogor. Karena terjebak banjir dan longsor akhirnya mereka menginap kembali di homestay," kata warga, Minggu (16/2/2020).

Kalangan wisatawan itu kembali menginap di homestay, sambil menunggu penanganan tanah longsor di ruas jalan selesai. Menurut warga Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, di ruas jalan desanya hingga daerah Mekarsakti tergenang banjir.

Bahkan, terjadi tanah longsor di titik tanjakan Cipeucang yang merupakan kawasan hutan. Kondisi itu pun membuat wisatawan mengeluh. "Mereka bingung karena besok sudah harus masuk kerja. Ada sekitar 30 mobil dan ratusan motor terjebak," katanya.

Sementara itu, Paur Humas Polres Sukabumi Ipda Aah Saepul Rohman membenarkan terjadinya banjir dan longsor. Menurutnya, akses jalan masih belum dapat dibuka karena menunggu alat berat untuk membersihkan tanah longsor.

"Jalan Provinsi dari Tamanjaya arah ke Geopark terputus akibat longsor dan banjir. Air sebenarnya sudah mulai surut, namun tetap akses jalan belum bisa dilalui karena menunggu alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum, pihak kepolisian pun berjaga di sekitar lokasi," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,