Ratusan Siswa SMP 1 Turi Hanyut di Sungai Sempor, 6 Tewas

Ratusan Siswa SMP 1 Turi Hanyut di Sungai Sempor, 6 Tewas

Para oraangtua siswa dan warga berkumpul di sekitar lokasi Sungai Sempor Kabupaten Sleman hingga malam hari. (foto - BNPB)

Sleman  -  Sebanyak  257  siswa  SMPN 1 Turi  Kabupaten  Sleman  Yogyakarta  hanyut di  Sungai  Sempor  saat melakukan susur sungai dalam kegiatan Pramuka di lokasi outbond Valley Sempor Dukuh Ngentak Dukuh Donokerto Kecamatan Turi, Jumat (21/2/2020) sore.
 
"Hingga Jumat malam, enam orang siswa dilaporkan meninggal dunia," kata Kanit Lantas Polsek Turi Nur Hasan di Klinik Swa Pratama. Mereka antara lain murid kelas 7D, 8C dan 8A. "Ratusan petugas masih melakukan pencarian di lokasi kejadian," katanya.
 
Menurutnya, total murid yang mengikuti kegiatan tersebut mencapai 257 orang. Namun, tidak semua yang berangkat mengikuti kegiatan. Dari jumlah itu baru 146 siswa yang melakukan presensi. Dari jumlah murid itu dievakuasi ke Klinik Pratama Swa, dan ada empat korban selamat telah diantar ke rumah masing-masing.
 
Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, pada saat mereka turun susur sungai di lokasi cuaca memang tidak turun hujan. Namun untuk kondisi di hulu terjadi hujan. "Saat ini sedang proses evakuasi dan pendataan. Tim SAR masih menyisir Sungai Sempor," katanya.
 
Sementara itu BPBD Sleman memastikan, proses pencarian siswa yang hilang akibat hanyut di Sungai Sempor masih terus dilakukan. Data terakhir dilaporkan 6 siswa ditemukan meninggal, 5 hilang dan 239 siswa dalam kondisi selamat.
 
Ratusan siswa SMPN 1 Turi Sleman itu hanyut akibat luapan arus deras Sungai Sempor sekitar pukul 15.30 WIB. Lebih dari 180 personel dari personel gabungan masih melakukan pencarian 5 murid, yang masih harus dikonfirmasi keberadaannya.
 
"Personel gabungan menyusuri tepian sungai untuk mencari murid yang masih hilang meski dalam kondisi hujan," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo. (Jr.)**
 
Identitas siswa meninggal dunia:
 
- Sofia Aulia, Kelas 8, alamat Sumberejo
- Arisma, Kelas 7, alamat Ngentak Tepan
- Nur Azizah, Kelas 8, alamat Kembang Arum
- Latifa, alamat Kembang Arum
- Belum teridentifikasi
- Belum teridentifikasi.
.

Categories:Nasional,
Tags:,