Pembuangan Kotoran Ternak ke Citarum Berkurang

Pembuangan Kotoran Ternak ke Citarum Berkurang

Pembuangan Kotoran Ternak ke Citarum Berkurang

Bandung - Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jabar Anang Sudarna menyatakan pembuangan kotoran ternak ke Sungai Citarum sudah berkurang, sehingga mengurangi tingkat pencemaran terhadap sungai terbesar di Jabar itu.

"Sekarang sudah mulai bersih walaupun belum sepenuhnya," kata Anang kepada wartawan di Bandung, Rabu (3/12/2014).

Ia menuturkan, berdasarkan hasil kajian hingga Desember 2014, sekitar 10 ton kotoran ternak yang biasanya langsung dibuang ke Sungai Citarum sudah tidak terjadi lagi.

"Sebanyak 10 tonan kotoran ternak yang dibuang ke Sungai Citarum, sekarang sudah hilang," katanya.

Anang mengatakan pihaknya telah berencana untuk melanjutkan kembali penelusuran Sungai Citarum di awal 2015 untuk menciptakan program Citarum bersih, indah dah lestari (Bestari).

Sebelumnya awal 2014, lanjut dia, BPLHD Jabar menelusuri sejauh 10 km Sungai Citarum, kemudian zona satu dari Cisanti hingga 10 km kedepan sudah diperbaiki pembangunan fisiknya.

"Awal 2014 kita sudah melakukan perbaikan Sungai Citarum, dan tahun selanjutnya akan kembali dilakukan," katanya.

Selain itu, kata Anang, tim Citarum Bestari juga melakukan penanamanan pohon di lahan sekitar sungai bahkan di hulu.

Namun selama ini, Anang mengakui menghadapi kendala masalah sosial dan berbenturan dengan faktor ekonomi dalam mewujudkan Sungai Citarum kembali bersih.

"Seperti kita melakukan penanaman kopi satu tahun lalu, dicabutin, sekarang masalah itu sedang diselidiki polisi," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,