Luapan Sungai Cikeruh Rendam 5 Desa Kawasan Jatinangor

Luapan Sungai Cikeruh Rendam 5 Desa Kawasan Jatinangor

Desa Sayang Kecamatan Jatinangor yang terparah diterjang banjir. (foto - Instagram)

Sumedang - Sedikitnya  lima  desa  yang  berada di  wilayah  Kecamatan  Jatinangor Kabupaten Sumedang  Jabar diterjang banjir dadakan, Jumat (28/2/2020) sore.
 
Banjir tersebut akibat air Sungai Cikeruh meluap hingga merendam ribuan rumah di wilayah Desa Sayang, Cikeruh, Hegarmanah, Cipacing serta Mekargalih sejak Jumat sekitar pukul 17.00 WIB.
 
Menurut penuturan warga Dusun Taraju Desa Sayang, Ahmad Kusyadi mengatakan warga dibuat panik karena banjir datang secara mendadak. "Rumah saya terendam sampai atap. Kami panik karena tadi air datang secara tiba-tiba. Habis semua barang-barang tak ada yang tersisa," katanya. 
 
Namun demikian, hingga sekitar pukul 22.00 WIB ketinggian air di wilayah terdampak sudah berangsur surut. Di lokasi, ketinggian air di wilayah paling terdampak telah surut hingga 1 meter. "Pada sore tadi air sudah nyampe atap rumah, sekarang Alhamdulillah bisa cepat surut hanya sekitar 1 meteran," kata Ahmad.
 
Selain merendam ribuan rumah warga, akses jalan alternatif yang merupakan penghubung Sumedang - Bandung, yakni Jalan Sayang kawasan Jatinangor itu pun menjadi lumpuh total.
 
Baik kendaraan yang datang dari arah Rancaekek Bandung menuju Jatinangor Sumedang praktis tidak bisa melintas, karena ketinggian air di badan jalan sekitar antara setengah meter hingga 1, 5 meter. Komunitas Pecinta Alam dari Wanapala Jatinangor dan Rejanawana Unpad Jatinangor, langsung turun membantu untuk evakuasi warga.
 
Koordinator Komunitas Irfan Ramadan menyebutkan, untuk evakuasi warga komunitas menurunkan 4 perahu. "Iya tadi dapat WA dari warga di sini, katanya kejebak banjir. Makanya kita bantu bawa perahu untuk melakukan evakuasi," sebut Irfan.
 
Sementara itu, Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana mengatakan, pihaknya menerima sejumlah laporan kejadian bencana banjir di lima kecamatan pada Jumat sore.
 
"Banjir juga menerjang Kecamatan Jatinangor, Sukasari, Tanjungsari dan Cimanggung. Bahkan, ada kejadian longsor di Kecamatan Pamulihan. Banjir yang terparah memang berada di Desa Sayang kecamatan Jatinangor," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,