Banjir-Longsor Landa Brasil 21 Orang Tewas Puluhan Hilang

Banjir-Longsor Landa Brasil 21 Orang Tewas Puluhan Hilang

Sao Paulo merupakan kota paling parah yang dilanda banjir dan longsor. (foto - AFP)

Brasilia - Sedikitnya  21  orang  tewas  akibat  hujan  deras  yang menerjang  negara  bagian  Brasil,  Sao Paulo  dan Rio de Janeiro. Hujan deras tersebut memicu terjadinya banjir bandang yang menghancurkan rumah penduduk.

Seperti dilansir AFP, Rabu (4/3/2020) sebanyak 32 orang lainnya dilaporkan hilang di Sao Paulo. Hal itu menimbulkan kekhawatiran, bahwa jumlah korban terus bertambah.

Badai dahsyat dalam beberapa hari terakhir membawa hujan selama satu bulan di sejumlah daerah dalam hitungan jam. Wilayah paling terdampak yakni negara bagian Sao Paulo dan lingkungan miskin di pinggiran Rio de Janeiro, kota terpadat kedua negara itu.

Dilaporkan, sedikitnya 16 orang tewas pada Selasa pagi di negara bagian Sao Paulo, setelah banjir dan tanah longsor menghantam beberapa kota di pesisir Santos, Sao Vicente dan Guaruja.

Salah satu korban yakni pekerja penyelamat yang tewas akibat tanah longsor. "Saya menyatakan solidaritas kepada mereka yang menderita karena hujan deras ini," cuit Gubernur Sao Paulo Joao Doria.

Beberapa jalan raya terblokir karena pohon-pohon tumbang dan tanah longsor. Termasuk beberapa ruas jalan yang menghubungkan Santos, yang merupakan pelabuhan terbesar di Amerika Selatan ke Sao Paulo, kota terbesar dan ibukota Brasil.

Di Rio de Janeiro pihak berwenang mengatakan, jumlah korban tewas meningkat menjadi setidaknya lima, setelah tiga hari diguyur hujan deras. Para korban tewas akibat tertimbun tanah longsor dan tenggelam.

Brasil mengalami musim hujan yang sangat intens musim panas ini. Pada Januari, lebih dari 50 orang tewas di negara bagian Minas Gerais, yang bertetangga dengan Sao Paulo, akibat hujan lebat selama beberapa hari. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,