Dinkes Pastikan di Kota Bandung Tak Ada Pasien Suspect Corona

Dinkes Pastikan di Kota Bandung Tak Ada Pasien Suspect Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita.

Bandung - Kasus virus Corona (Covid-19) di dunia sudah mencapai 93.158 kasus. Sebanyak 3.198 di antaranya berakhir kematian, 50.996 pasien yang terjangkit berhasil sembuh. Virus itu telah menjangkit di 55 negara.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Rita Verita di Prfmnews, Rabu (4/3/2020). Menurutnya, di Kota Bandung ada 5 kasus yang tengah dalam pengawasan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) dan RS Paru Rotinsulu.

Sementara 7 kasus tengah dalam pemantauan di rumah pasien. Dari beberapa kasus tersebut, tidak ada satupun pasien yang suspect Corona. "Di Bandung saat ini tidak ada yang positif Corona," tegas Rita.

Untuk mengatasi merebaknya virus Corona, Dinkes Kota Bandung telah membentuk tim koordinasi Covid-19, dan tim gerak cepat. Selain itu, Dinkes juga membangun krisis center di Bandung Convention Centre (BCC).

"Kami buat informasikan kepada masyarakat agar tidak perlu panik dan bagaimana cara agar badan tetap sehat, cara cuci tangan yang baik dan pakai masker yang baik," katanya.

Di samping itu kata Rita, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada petugas yang ada di puskesmas dan rumah sakit, bagaimana melakukan tindakan bilamana ada pasien yang mengalami gejala Corona.

Ia menjelaskan, gejala terserang virus Corona di antaranya adalah batuk, pilek, demam dan orang itu baru pulang dari negara yang terjangkit Corona 14 hari sebelumnya. Kepada masyarakat yang mengalami gejala itu diimbau agar tetap diam di rumah, dan menghubungi tim Layad Rawat Dinkes di nomor 119. Petugas dengan cepat akan menuju ke rumah pasien.

"Kami ingin yang mengalami gejala untuk tidak berkeliaran, ke dokter dan pakai kendaraan umum, karena itu akan menyebabkan penyebaran (Corona) meluas. Kalau diam di rumah, jangkauan penularannya lebih kecil," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,