Konsul Haji KJRI, 'Tidak Benar Umrah Ditutup Selama 2020'

Konsul Haji KJRI, 'Tidak Benar Umrah Ditutup Selama 2020'

Konsul Haji KJRI Jeddah klarifikasi penutupan umrah. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Beredarnya kabar penundaan ibadah umrah ke Tanah Suci selama tahun 2020 dipastikan tidak benar. Demikian disampaikan Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali, merujuk pada sejumlah pemberitaan di media online Tanah Air.

Dilansir ChannelNewsAsia, dalam pemberitaan sejumlah media di Indonesia menerjemahkan, Pemerintah Arab Saudi telah menangguhkan pelaksanaan umrah sepanjang tahun 2020.

Menurut Endang. sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Direktur Urusan Travel Umrah Saudi Abdurrahman Al Segaf. Dipastikan, bahwa berita tersebut tidak benar.

"KUH (Kantor Urusan Haji) KJRI Jeddah sudah berkoordinasi dengan Abdurrahman Al Segaf. Dia mengatakan, informasi tentang penutupan umrah selama 1 tahun di 2020 itu tidak benar," tegas Endang dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

"Demikian juga terkait pelaksanaan haji pada tahun ini. Segala persiapan pun terus dilakukan. Sampai saat ini belum ada keputusan terkait dibatalkannya pelaksanaan haji dari pemerintah Arab Saudi," katanya.

Demikian juga disampaikan Pembantu Staf Teknis Haji (STH) I KUH KJRI Jeddah Amin Handoyo. Ia mengaku sudah melakukan konfirmasi ke call center Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi di nomor 00966920002814.

"Saya konfirmasi ke call center dan ada penjelasan, berita penundaan 1 tahun itu tidak benar," kata Handoyo. Pengumuman yang benar, yakni penangguhan itu bersifat sementara sampai batas yang akan diumumkan kemudian.

"Untuk perkembangannya bisa dipantau melalui twitter Kementerian Haji dan Umrah," kata Handoyo. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,