UNBK Jabar Siap Digelar di Tengah Maraknya Virus Corona

UNBK Jabar Siap Digelar di Tengah Maraknya Virus Corona

Disdik Jabar Siap Gelar UNBK di Tengah Maraknya Virus Corona. (foto - ilustrasi)

Bandung  -  Dinas  Pendidikan  (Disdik)  Jabar  siap  menggelar  Ujian  Nasional  Berbasis  Komputer  (UNBK)  SMK  serta SMA tahun ajaran 2019/2020. Sesuai kalender pendidikan, UNBK SMK digelar 16 - 19 Maret 2020, SMA/MA/SMLB 30 Maret - 2 April 2020 dan SMP/Mts/SMPLB 20 - 23 April 2020.

Hal itu merupakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang terakhir, sebelum nanti berganti format menjadi Assesment Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021, sebagaimana kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika, sesuai Permendikbud No. 43 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang Diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, Disdik telah melakukan persiapan teknis maupun non-teknis.

"Simulasi dan Gladi Bersih UNBK sudah dilakukan," sebut Dewi Sartika yang akrab disapa Ike, seperti dilansir dari laman resmi Humas Jabar. Selain persiapan teknis, Disdik juga mengantisipasi hal-hal non-teknis di sekolah. Mulai dari keamanan, kesediaan peralatan untuk UNBK, perilaku dan kesehatan siswa hingga sisi psikologis para peserta ujian.

Untuk tingkat stres siswa pun telah menjadi perhatian Disdik Jabar, dengan membuat imbauan kepada para stakeholder pendidikan agar menjaga ketenangan siswa. Mulai dari sekolah sampai kepada para orangtua siswa. “Aspek psikologis pelajar juga perlu dijaga agar tidak menimbulkan tekanan yang berlebihan," tegas Ike.

Ia menjelaskan, UNBK tahun ajaran 2019/2020 suasananya akan sangat berbeda. Selain UNBK tahun ini menjadi yang terakhir, ujian pun dilaksanakan di tengah maraknya isu Covid -19 yang menjadi sorotan banyak orang. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait