Pemprov Jawa Barat Akhirnya Putuskan Tunda UNBK SMK

Pemprov Jawa Barat Akhirnya Putuskan Tunda UNBK SMK

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika. (foto - ist)

Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mengatakan, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Badan Standar Nasional Pendidikan di Jakarta terkait penundaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK, yang sedianya diselenggarakan pada mulai Senin hingga Kamis (16 - 19 Maret).

Hal itu menyusul adanya surat edaran yang dikeluarkan Gubernur Jabar tentang Nomor 400/25/UM dengan tanggal surat 13 Maret 2020, tentang penutupan sementara fasilitas umum dan penundaan sementara kegiatan tertentu di lingkungan Pemprov Jabar.

Menurut Dewi, terkait dengan penundaan ini setiap kepala daerah bisa mengajukan permohonan kepada Badan Standar Nasional Pendidikan tersebut. Nantinya, setiap Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota tinggal menulis surat ke pusat.

"Jadi Senin itu UNBK, kami juga sudah berkonsultasi dengan Badan Standar Nasional Pendidikan di Jakarta. Pada dasarnya mereka tidak keberatan dan mengikuti apa kebijakan para kepala daerah, termasuk di provinsi itu bisa disesuaikan," katanya, Minggu (15/3/2020).

Dewi memaparkan, untuk UNBK SMA pihaknya akan terus menyesuaikan perkembangan di wilayah Jawa Barat. Pasalnya, UNBK SMA baru akan terselenggara pada tanggal 30 Maret 2020 mendatang.

"Sekarang kan 2 minggu mulai dari Senin, jadi 14 hari kemudian kita lihat perkembangannya mudah-mudahan bagus. Sebetulnya kalau SMA itu UNBK-nya pada tanggal 30, sehingga masih bisa dilakukan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,