Tiga Stadion di Jabar Dijadikan Lokasi 'Rapid Test' Covid-19

Tiga Stadion di Jabar Dijadikan Lokasi 'Rapid Test' Covid-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau Stadion Candrabhaga sebagai lokasi 'rapid test' Covid-19. (foto - ist)

Bekasi - Pemprov Jabar mengalihfungsikan tiga stadion berskala besar sebagai lokasi pelaksanaan "rapid test" Corona. Tes diusahakan bisa digelar secepatnya pada Selasa 24 Maret, atau paling lambat Rabu 25 Maret.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, ketiga stadion itu yakni Stadion Patriot Candrabhaga untuk mengecek warga Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Karawang; Stadion Pakansari menjadi lokasi pengecekan warga Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok; lalu Stadion Si Jalak Harupat untuk memfasilitasi tes bagi warga Jabar lainnya.

"Penetapan lokasi dan pembagiannya disesuaikan dengan fakta, mayoritas kasus positif di Jabar berasal dari wilayah Bodebek yang memang berdekatan dengan episentrum Corona di Jakarta," kata Emil, Minggu (22/3/2020).

Emil menjelaskan, pemilihan stadion sebagai lokasi pelaksanaan tes dikarenakan karakteristiknya cocok untuk merealisasikan konsep "drive thru". Konsep tersebut memungkinkan warga yang dites tidak berkerumun di lokasi yang sama.

Mekanismenya, warga datang menggunakan kendaraan lalu menuju pos pertama untuk menjalani tes pertama yang berupa tes darah. Kemudian warga bisa menuju titik berikutnya untuk mengetahui hasil tes sekitar 15 menit.

Apabila hasil tes pertama positif, warga akan menjalani tes lanjutan yakni menggunakan alat PCR dengan tingkat keakuratan lebih baik. Jika kedua tes memperlihatkan hasil positif, warga tersebut memasuki area dalam stadion guna mendapatkan penanganan lanjutan. Sementara warga yang hasil tesnya negatif diperbolehkan pulang.

Konsep "drive thru" mengharuskan warga datang menggunakan kendaraan, baik mobil atau motor. Warga yang tak memiliki kendaraan pribadi harus difasilitasi pengurus RW atau aparat kelurahan setempat, untuk pengantarannya hingga ke lokasi tes. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,