Hujan Deras, Banjir dan Longsor Terjang Wilayah Sukajaya Bogor

Hujan Deras, Banjir dan Longsor Terjang Wilayah Sukajaya Bogor

Wilayah Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor kembali diterjang banjir dan longsor. (foto - BPBD Kabupaten Bogor)

Bogor - Air Sungai Cidurian meluap merendam Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Banjir menerjang setelah hujan seras mengguyur wilayah Kabupateb Bogor, Rabu (25/3/2020).
 
Akibatnya, puluhan rumah dan fasilitas umum terdampak banjir lintasan tersebut. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, jalan utama Bogor - Lebak tidak dapat dilintasi kendaraan roda empat karena tertutup longsor.
 
Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi. "Iya tadi sore hujannya deras, tak ada (korban)," katanya.
 
Menurutnya, sedikitnya 25 unit rumah yang dihuni 33 kelapa keluarga (KK) atau 127 jiwa dan satu unit bangunan pondok pesantren Nurul Hikmah di Kampung Congcorang Lebak Desa Harkat Jaya, terdampak banjir. 
 
Jalan Raya Sukajaya di Kampung Babakan Tajur Desa Harkat Jaya Kecamatan Sukajaya tertimpa longsor cukup parah. "Aman semua dan penghuni rumah sudah balik lagi karena airnya sudah surut, tapi warga tetap perlu waspada karena di Bogor masih sering hujan," katanya.
 
Jalan raya tersebut tertutup lantaran material longsor berupa tanah disertai tanaman rumput dari perbukitan menimbun bandan jalan. "Untuk sementara jalan bisa dipergunakan hanya satu arah, namun untuk keselamatan pengguna jalan hanya kendaraan roda 2 yang bisa melalui jalur itu," tegas Adam.
 
Ia menambahkan, sebelumnya jalan tersebut sudah pernah mengalami kejadian serupa dua bulan lalu. "Ya, bulan Januari terjadi longsor dan minggu lalu longsor lagi. jadi sudah terjadi longsor 3 kali. Longsor kali ini tidak sebesar pada Januari, paling 10 meteran".
 
Diakui, saat ini sudah dilakukan koordinasi dengan aparat setempat untuk melakukan analisa. Petugas anggota TRC BPBD Kabupaten Bogor masih membersihkan material longsoran, beserta staf desa dan juga warga sekitar.  "Namun, pembersihan material longsor kami hentikan sementara, karena situasi dan alat yang tidak memungkinkan," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,