Kemendikbud tentukan cara Kelulusan Siswa tanpa UN 2020

Kemendikbud tentukan cara Kelulusan Siswa tanpa UN 2020

Tanpa UN, Kemendikbud keluarkan ketentuan penilaian kelulusan tahun ini. (foto - ilustrasi)

Jakarta  -  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  (Kemendikbud)   resmi  membatalkan  pelaksanaan  ujian  nasional di semua jenjang pendidikan dasar dan menengah, di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).
 
Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud Ade Erlangga Masdiana menyatakan, hal itu diputuskan karena Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk menjaga jarak tanpa ada kegiatan yang melibatkan orang banyak, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona.
 
Namun, demikian, bagaimanakah menilai kelulusan tahun ini? Menurut Ade, penentuan nilai kelulusan tahun ini akan merujuk pada nilai pada 5 semester sebelumnya. "Penentuan kelulusan berdasarkan edaran menteri pendidikan dan kebudayaan ditentukan pada 5 semester terdahulu," katanya, Kamis (26/3/2020).
 
"Dengan demikian, bukan satu hal yang mengagetkan sepenuhnya, kenapa hal itu dilakukan seperti ini karena memang kita harus mendukung upaya pencegahan penyebaran Corona secara gotong-royong," tegas Ade.
 
Saat ini, semua kegiatan belajar mengajar di sekolah dihentikan untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, semua proses belajar mengajar dialihkan dengan kegiatan daring atau dilakukan secara online.
 
Pada awalnya, kegiatan belajar daring tersebut dijadwalkan diberlakukan untuk 2 pekan, terhitung sejak 15 Maret lalu. Namun karena kondisinya masih seperti ini, maka kemungkinan masa belajar di rumah diperpanjang dan kebijakannya diserahkan kepada pemerintah daerah setempat.
 
"Karena situasi darurat maka proses pembelajaran di rumah di setiap provinsi akan menetapkan liburnya berbeda. Ini juga bisa diperpanjang dan gurunya pun melakukan pembelajaran dan pengajaran dari rumah," tambahnya. (Jr.)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,