Lionair Bawa Tim Medis Corona Meledak di Manila, 8 Tewas

Lionair Bawa Tim Medis Corona Meledak di Manila, 8 Tewas

Pesawat Lionair jatuh di Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila, Minggu 29 Maret 2020. (foto - EPA)

Manila - Pesawat  milik  maskapai  Filipina  Lionair  jatuh  dan  meledak  di  Bandara  Internasional  Ninoy  Aquino  Manila Filipina setelah lepas landas, Minggu (29/3/2020) malam sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Sedikitnya 8 orang tewas dalam kecelakaan itu.

Dilansir The New York Times, Minggu (29/3/2020) pesawat itu digunakan sebagai ambulans udara oleh Departemen Kesehatan dalam upaya menangani virus Corona (Covid-19). Pesawat lepas landas dari Manila pada Minggu malam dan hendak bertolak ke Jepang.

Seluruh penumpang yang berjumlah 8 orang dalam pesawat tewas dalam kecelakaan tersebut. Korban terdiri atas pilot, 2 awak kabin, 1 dokter, 1 perawat, 1 tenaga medis pesawat serta seorang warga negara Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

"Sangat disayangkan, tidak ada penumpang selamat dalam kecelakaan tersebut," kata petugas Bandara Internasional Manila, dalam sebuah pernyataan. Petugas itu menyatakan, landasan sekarang ditutup dan penyelidikan masih berlangsung.

Lembaga Penelitian untuk Pengobatan Tropis Filipina yang berada di garis depan memerangi penyakit itu, menggunakan pesawat yang sama dari perusahaan Filipina bernama Lionair, untuk mengangkut pasokan ke para pekerja medis di garis depan di provinsi di seluruh negeri.

Kepala Palang Merah Filipina Senator Richard Gordon mengatakan, tim medis telah dikirim ke bandara untuk menangani kecelakaan yang melibatkan penerbangan dengan nomor 5880 tersebut.

"Sebanyak 8 penumpang yang terdiri atas petugas medis penerbangan, seorang perawat, dokter, 3 awak pesawat, 1 pasien dan rekannya berada di dalam pesawat itu," katanya. "Pesawat tersebut terbakar dan meledak ketika lepas landas dari landasan pacu NAIA 24. Api dari ledakan itu pun tampak sangat besar," tambahnya.

Seperti diketahui, Lionair digunakan untuk penerbangan sewaan oleh Departemen Kesehatan Filipina. Pesawat itu juga digunakan untuk evakuasi medis. Maskapai Lionair tersebut berbeda dengan maskapai Lion Air asal Indonesia. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,