3 Orang Sekeluarga Tewas Jatuh Masuk Septic tank di Bondowoso

3 Orang Sekeluarga Tewas Jatuh Masuk Septic tank di Bondowoso

Tim SAR evakuasi tiga korban tewas yang jatuh ke dalam septic tank di Bondowoso. (foto - ist)

Bondowoso - Tiga orang satu keluarga di Kabupaten Bondowoso dilaporkan tewas, setelah ketiganya terjatuh ke septic tank sedalam 20 meter. Ketiga orang itu yakni Abdul Rahman alias Walid (67), Seniwati (65) dan Anita (39).

Mereka tewas di lokasi kejadian di kediamannya di Desa Sumbersari Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, Sabtu (4/4/2020). Berdasarkan informasi, kejadian itu diduga karena tempat penutup septic tank yang sudah lapuk dan keropos termakan usia.

Ketika hendak ke kamar mandi, Walid melintasi septic tank tersebut. Namun diduga karena tempat penutup septic tank lapuk, Walid pun terjatuh.

Sang istri Seniwati yang mendengar teriakan suaminya langsung mendatangi lokasi sekitar septic tank. Nahasnya, Seniyati pun ikut terjatuh ke dalam septic tank di rumahnya di Dusun Ekapraya Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso.

Sementara Anita, sang anak yang mengetahui kedua orangtuanya terjatuh ke dalam septic tank sedalam 20 meter, bermaksud hendak menolong. Namun akhirnya ia pun ikut terjatuh ke dalam septic tank bersama kedua orangtuanya.

Dalamnya lubang septic tank membuat evakuasi berjalan cukup sulit dan memerlukan waktu lama. Sempit dan dalamnya lubang menjadikan tim evakuasi harus ekstra hati-hati, guna mengantisipasi adanya gas beracun yang keluar dari dalamnya.

Kapolsek Maesan AKP Slamet Riyadi membenarkan peristiwa satu keluarga yang tewas terjatuh ke dalam septic tank itu. Ia menyatakan, sempat terkendala dalam hal evakuasi sehingga harus memanggil tim SAR. "Karena tempatnya sempit dan dalam sehingga evakuasi relatif sulit. Maka proses evakuasinya terpaksa melibatkan tim SAR," katanya.

Ia mengatakan, perlu waktu tiga jam tim SAR berjuang untuk mengeluarkan tiga orang tersebut dari dalam lubang septic tank. Sebab septic tank yang hanya bisa dimasuki satu orang memang sangat sempit lubangnya. "Perlu peralatan khusus, karena dikhawatirkan ada gas beracun," ungkapnya.

Berdasarkan keterangan keluarga korban, septic tank tersebut memang telah berusia 20 tahun sejak awal dibuat. Parahnya, sejak dibuat 20 tahun lalu tidak pernah adanya renovasi dan penguatan di tutup septic tank. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,