575 Hotel di Jabar Tutup, 25 Ribu Karyawan Dirumahkan

575 Hotel di Jabar Tutup, 25 Ribu Karyawan Dirumahkan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya 575 hotel yang berada di wilayah Jabar terpaksa merumahkan 25 ribu karyawannya akibat wabah virus Corona (Covid-19). Okupansi yang hanya 5 - 15 persen dari kondisi normal 50 persen, memaksa ratusan hotel itu berhenti beroperasi.

"Sekitar 575 hotel di Jabar tutup, sedangkan karyawannya yang hampir 25 ribu dirumahkan sementara meski belum ada PHK. Ke-575 itu tutup bukan bangkrut karena marketnya memang gak ada," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar Dedi Taufik di Bandung, Rabu (8/4/2020).

Menurutnya, pihaknya berupaya agar sektor yang terkena dampak virus Corona tersebut bisa mendapatkan bantuan lewat pendataan. Beberapa di antaranya destinasi wisata, UMKM yang tidak bisa berjualan akan didata berdasarkan nama dan alamat.

"Kemudian kita ajukan BLT atau program padat karya dan sebagainya. Sekarang proses pendataan pun masih berjalan. Dalam kurun Juli sampai Agustus termasuk merupakan masa pemulihan," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan asosiasi pariwisata di tingkat kabupaten dan kota. Sementara bantuan untuk UMKM akan diberikan oleh Pemprov Jabar. Diharapkan, masa pandemi Covid 19 bisa segera berakhir, dan sektor pariwisata bisa pulih. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,