Luapan Sungai Cijolang Rendam Puluhan Rumah di Kuningan

Luapan Sungai Cijolang Rendam Puluhan Rumah di Kuningan

Longsor tebing menimbun aliran Sungai Cijolang di wilayah Citapen batas Kabupaten Kuningan dengan Ciamis. (foto - ist)

Kuningan - Akibat Sungai Cijolang tertimbun longsor yang terjadi wilayah Citapen Kabupaten Ciamis menyebabkan puluhan rumah di Dusun Walahar Desa Ciberung Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan terendam.

Hujan yang mengguyur Kamis 9 April malam sekitar pukul 22.00 WIB menyebabkan longsor tebing setinggi 10 meter menutupi aliran Sungai Cijolang.

Menurut seorang relawan setempat Ajat mengatakan, longsor tersebut terjadi Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB. Tidak ada korban jiwa, namun sedikitnya 45 rumah warga Dusun Walahar terancam banjir.

"Banjir akibat luapan Sungai Cijolang yang tertutup material longsor, sehingga airnya mengancam rumah warga Dusun Walahar. Sejauh sudah 12 rumah terendam air dan 45 rumah lainnya terancam terendam," kata Ajat di lokasi longsor, Jumat (10/4/2020) malam.

Menurutnya, material longsoran tanah perkebunan milik warga sekitar 5 hektar itu menutupi Sungai Cijolang, yang berbatasan antara Kabupaten Kuningan dan Ciamis. Di lokasi sudah berdatangan dari Polres Kuningan, TNI, BPPD Kabupaten Kuningan, Tagana, Camat Selajambe, para relawan dan warga setempat.

Camat Selajambe Agus Sumedi menjelaskan, longsor tebing itu menutupi sebagian Sungai Cijolang, sehingga airnya meluap ke permukiman warga. "Luapan air tersebut masuk ke permukiman warga yang menyebabkan 12 rumah terendam," katanya.

Pihaknya langsung mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman. "BPBD sudah ada di lokasi dan menunggu alat berat yang akan datang malam ini. BBWS Citanduy yang berhubungan dengan Sungai Cijolang pun sudah dihubungi," katanya.

Sementara bantuan untuk warga terdampak longsor sudah berdatangan dan jumlahnya cukup banyak. Bantuan datang dari warga sekitar dan juga dari Polres Kuningan, berupa sembako untuk warga yang terkena dampak dan yang terancam. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,