Sempat tertahan di Saudi 55 Jamaah umrah tiba di Tanah Air

Sempat tertahan di Saudi 55 Jamaah umrah tiba di Tanah Air

Tiba di Jakarta jamaah umrah diperiksa sesuai protokol kesehatan bandara. (foto - Kemenag)

Jakarta  -  Sedikitnya  55  jamaah  umrah  Indonesia  yang  sempat  tertahan  di  Arab  Saudi  karena  kebijakan  "lockdown" pemerintah setempat, akhirnya tiba di Tanah Air. Mereka mendarat Jumat dinihari tadi di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten.

"Penerimaan jamaah umrah dilakukan dinihari. Mereka mulai masuk gate sekitar pukul 02.00 WIB dan prosesnya berlangsung hingga pukul 04.30 WIB," kata Kasubdit Pemantauan dan Pengawasan Umrah dan Haji Khusus Noer Aliya Fitra, Jumat (10/4/2020).

Nafit sapaan akrabnya menjelaskan, para jamaah umrah itu langsung menjalani pemeriksaan protokol kesehatan setelah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta. Protokol kesehatan yang dilakukan, yakni mengecek suhu tubuh hingga melakukan wawancara.

"Alhamdulillah, hasil pemeriksaan suhu badan dan wawancara, tidak ada jamaah yang terindikasi terinfeksi virus Corona (Covid-19)," katanya. Petugas juga melakukan rapid test secara sampling terhadap 18 orang jamaah yang dianggap berisiko tinggi.

Dari hasil pemeriksaan, tidak ada jamaah yang terinfeksi virus Corona. "Rapid test juga dilakukan secara sampling terhadap 18 orang penumpang yang berisiko tinggi juga, alhamdulillah semua negatif Covid-19," katanya.

Sementara itu, Kasi Identifikasi dan Penanganan Masalah Umrah Ali Machzumi mengatakan, 55 jamaah umrah itu berasal dari Palembang, Riau, Sumatera Barat (Sumbar) dan Kepulauan Riau. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, mereka langsung diterbangkan kembali ke daerahnya masing-masing.

"Seluruh aemaah sudah dijemput oleh pihak Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Jamaah yang berasal dari Palembang, Riau, Sumbar dan Kepri, hari ini juga diterbangkan oleh PPIU menuju ke daerah masing-masing," tegas Ali.

Ia meminta kepada 55 jamaah umrah itu untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. "Jamaah juga telah menerima surat rekomendasi lulus pemeriksaan kesehatan. Namun, mereka tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," katanya.

Dalam rombongan tersebut terdapat 34 tim penyedia layanan jamaah haji di Arab Saudi, TKI dan keluarga WNI di Arab Saudi. Total ada 336 penumpang yang kembali ke Indonesia menggunakan maskapai Saudi Airlines SV 818. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,