4 Wilayah Zero Positif Covid-19 Emil segera Lakukan Tes Masif

4 Wilayah Zero Positif Covid-19 Emil segera Lakukan Tes Masif

Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat. (foto - ist)

Bandung - Sedikitnya ada empat kabupaten/kota di wilayah Jabar yang zero atau nol kasus positif Covid-19. Empat daerah tersebut yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran dan Kota Cirebon.

Data itu tampak di laman Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) hingga Jumat (17/4/2020). "Dari 27 kabupaten dan kota, ada empat daerah yang zero positif Covid-19, kita akan yakinkan dengan tes masif," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Jumat (17/4/2020).

Menurut Emil, dari 80 ribu pengetesan dengan metode RDT (rapid diagnostic test), terdapat sekitar 1.200 orang di Jabar yang menunjukkan hasil reaktif atau terindikasi Covid-19.

Nantinya, 1.200 orang itu akan diperiksa kembali dengan tes swab atau pengambilan cairan dari bagian belakang tenggorokan, dan diperiksa dengan mesin PCR (polymerase chain reaction) untuk meyakinkan terpapar atau tidaknya.

"Jabar sudah membeli alat PCR dari Korea Selatan, sehingga bisa meningkatkan kapasitas pengetesan. Dari awalnya 140 sampel per hari, kini bisa 2.000 sampel per hari. Kombinasi tes sampel oleh rapid test dan PCR, Insya Allah Jabar bisa mengendalikan dan merespon Covid-19 dengan terukur," katanya.

Sejauh ini, jumlah pasien positif di Jabar mencapai 570 kasus. Berdasar laporan Pikobar, titik sebaran terbanyak berada di Kota Bandung dan Kota Depok, masing-masing dengan 93 dan 91 kasus. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,