Jalur Lintas Solok Terputus Total Longsor Landa Lembah Gumanti

Jalur Lintas Solok Terputus Total Longsor Landa Lembah Gumanti

Longsor di kawasan Aia Dingin Lembah Gumanti Kabupaten Solok Sumbar. (foto - ist)

Solok - Jalan lintas utama yang menghubungkan Kabupaten Solok - Solok Selatan terputus total, akibat longsor yang terjadi di kawasan Aia Dingin Lembah Gumanti Kabupaten Solok Sumatera Barat. Longsor terjadi setelah hujan deras mengguyur sebelumnya.

Bahkan, sedikitnya dua rumah warga terseret dalam kejadian itu. "Longsor terjadi kemarin dari tebing sebelah kiri yang merupakan perbukitan, juga menyebabkan jalan terban hingga putus total," kata Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Armen, Senin (21/4/2020).

Menurutnya, perbaikan jalan terban dan banyaknya material longsor membutuhkan waktu lebih dari tiga hari agar bisa dilewati. Jalan itu merupakan akses satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Solok dan Solok Selatan.

Kawasan longsor tersebut merupakan bekas tambang galian C, sehingga material longsor berupa bebatuan dan petugas harus bekerja ekstra untuk memperbaikinya.

Setidaknya jalan yang terban sepanjang 15 meter. Untuk memperbaiki jalan seperti semula butuh waktu yang lama, sementara diperbaiki agar bisa dilewati dulu. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Namun demikian, dengan terputusnya akses jalan akan menyebabkan dampak bagi masyarakat yang terisolir untuk mendapatkan pasokan makanan. "Ada dua desa yang terisolir akibat kejadian itu," katanya.

Sejauh ini, telah dikerahkan 4 alat berat untuk membersihkan material longsoran, agar jalan bisa kembali dilalui kendaraan, setidaknya oleh sepeda motor. "Kerugian dan bantuan untuk masyarakat terdampak sedang didata," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,