Dokter Ungkap Bahaya Pakai Masker Lebih dari 8 Jam

Dokter Ungkap Bahaya Pakai Masker Lebih dari 8 Jam

Bahaya Pakai Masker Lebih dari 8 Jam. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Pemerintah mewajibkan penggunaan masker selama pandemo virus Corona, sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19. Masker dianggap sebagai alat pelindung diri terhadap virus yang kasat mata.

Virus Corona jenis SARS-CoV-2 menyebar melalui percikan ludah atau droplets, sehingga masker menjadi penghalang antara yang sehat dan yang sakit. Untuk itu, pemakaian masker harus memenuhi aturan yang tepat, agar benar-benar efektif menghalangi virus.

"Prinsipnya pakai masker 6-8 jam maksimal. Lebih dari itu ada saliva (air liur) yang membuat masker lembap, sehingga jadi tempat kuman berkembang," sebut Dr. dr. Shirley Ivonne Moningkey MKes.

Ia menganjurkan agar pemakaiannya segera diganti dengan apa pun jenis maskernya. Ukuran masker juga harus dapat menutupi hidung dan mulut, dengan panjang dan lebar yang sesuai standar.

"Ukuran harus pas menutupi hidung dan mulut, karena droplet keluar dari mulut atau hidung. Panjang masker sekitar 10 inci dengan lebar 6 inci, karena nanti 1 cm untuk lipat bagian pinggir yang dijahit," lanjutnya.

Apabila sudah dipakai, masker kain bisa langsung dicuci dengan deterjen untuk mematikan kuman dan virus yang menempel. Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah saat bagian melepas masker dari wajah.

"Jangan sekali-kali menyentuh bagian permukaan masker itu sendiri. Pegang talinya lalu langsung cuci dengan deterjen," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,