PTDI Bersama ITB Bakal Produksi 500 Ventilator per Minggu

PTDI Bersama ITB Bakal Produksi 500 Ventilator per Minggu

Gubernur Jabar Ridwan Kamil tinjau pembuatan Ventilator Vent-I buatan PTDI dan ITB di Hanggar Fixed Wing PTDI Bandung, Jumat 24 April 2020. (foto - PTDI)

Bandung - PT  Dirgantara  Indonesia  (PTDI)  bersama  Institut  Teknologi  Bandung  (ITB)  bakal  memproduksi  ventilator (Ventilator Vent-I). Setelah dilakukan uji klinis, kedua institusi itu mengklaim sanggup memproduksi sebanyak 500 unit per minggu.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, ventilator portabel bernama Ventilator Indonesia atau Vent-I yang telah dikonfirmasi lulus uji produk dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

PTDI sedang mengonversi dari line of production yang tadinya pesawat kini ditugaskan oleh negara untuk memproduksi teknologi kesehatan berupa ventilator. "Sebagian besar ventilator yang dibutuhkan ternyata ventilator tipe untuk yang sakit tapi masih bisa bernapas. Itu bisa diproduksi minimum 500 produk per minggu atau sekitar 2.000 per bulan," kata Emil dalam keterangannya, Jumat (24/4/2020).

Emil mengaku, perizinan produksi ventilator sedang diproses dan berjalan dengan baik dan lancar. Untuk tahap awal akan diproduksi sebanyak 200 ventilator. Diharapkan, kebutuhan ventilator di Indonesia dapat terpenuhi dengan baik.

Direktur Produksi PTDI M Ridlo Akbar membenarkan mengenai hal tersebut. Saat ini perusahaannya tengah ditugaskan oleh Kementerian untuk membantu proses industrialisasi ventilator untuk segera dilakukan.

"Kita yang melakukan industrialisasi dengan inovator yang melakukannya adalah ITB. Sekarang ini PTDI sedang menyiapkan fasilitas lini produksinya untuk serial production," katanya.

Setelah melangkah di serial production, langkah selanjutnya melakukan reverse engineering untuk komponen yang tidak tersedia di dalam negeri. Itu yang menjadi fokus PTDI. Diharapkan, saat izin untuk proses industrialisasi diterbitkan, PTDI segera memulai target pertama, yakni produksi 500 unit ventilator per minggu. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,