Gempa Berskala 5,1 SR Guncang Wilayah Padang Lawas Sumbar

Gempa Berskala 5,1 SR Guncang Wilayah Padang Lawas Sumbar

Gempa Berskala 5,1 SR Guncang Wilayah Padang Lawas Sumbar. (BMKG)

Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG melaporkan terjadi gempa bumi di wilayah Padang Lawas Sumatera Utara, Kamis (30/4/2020) sore sekitar pukul 15.20 WIB.

"Gempa memiliki parameter awal dengan kekuatan 5,6 SR yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi 5,1 SR," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Jakarta.

Menurutnya, episenter gempa terletak pada titik koordinat 1.19 Lintang Utara (LU) dan 99.46 Bujur Timur (BT). Lokasi tepatnya di darat 24 km Barat Laut Padang Lawas Sumatera Utara pada kedalaman 16 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas Sesar Sumatera. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempa memiliki mekanisme pergerakan mendatar.

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Aek Godang, Pinang Sori dengan intensitas III MMI. Getaran menurut BMKG terasa nyata dalam rumah, atau getaran seperti seakan truk melintas.

"Sejauh ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami," katanya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang. Jangan mudah terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,