Jelang Magrib pabrik Garmen di Haurwangi Cianjur terbakar

Jelang Magrib pabrik Garmen di Haurwangi Cianjur terbakar

Kebakaran pabrik boneka dan pakaian jadi di Desa Cipeuyeum Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur. (foto - ist)

Cianjur  -  Pabrik  boneka  dan  pakaian  jadi  (garmen)  ekspor  yang  berada  di  Desa  Cipeuyeum  Kecamatan  Haurwangi Kabupaten Cianjur terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun seluruh bangunan pabrik ludes dilalap api, Kamis (30/4/2020) petang.

Berdasarkan informasi, kepulan asap dan kobaran api mulai tampak di salah satu bangunan di kawasan pabrik PT Eastern Modern Apparel (EMA) tersebut, sekitar pukul 17.45 WIB.

Namun demikian, hanya sekitar 10 menit kemudian api terus membesar dan merembet. Banyaknya bahan yang mudah terbakar, menyebabkan kobaran api cepat menjalar dan membakar seluruh bagian pabrik.

"Kami dapat info kebakaran sekitar pukul 17.45 WIB, atau menjelang berbuka puasa. Petugas langsung meluncur ke kejadian lokasi untuk melakukan pemadaman," kata Operator Pengendali Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur Ade Risyan.

Ia mengatakan, lima unit mobil pemadam kebakaran dan 20 petugas diturunkan untuk memadamkan kobaran api. Namun, minimnya sumber air dan banyaknya material yang mudah terbakar di dalam pabrik, membuat api sulit dipadamkan.

"Seluruh tim dan mobil pemadam diturunkan. Namun api memang sulit untuk dipadamkan karena banyak material mudah terbakar," katanya. Beruntung, tidak ada korban luka ataupun jiwa, karena pegawai dan petugas keamanan segera menyelamatkan diri.

Ia menyatakan, mengenai penyebab api sejauh ini masih belum diketahui. "Untuk penyebab nanti oleh pihak Inafis, kami juga belum tahu sumber api dari mana asalnya dan akibat apa," tegas Ade Risyan.

Hingga Kamis malam sekitar pukul 20.30 WIB, situasi di lokasi masih memerah dan kobaran api masih terlihat. Sejumlah petugas damkar pun masih terus berjibaku berupaya memadamkan api di setiap bagian bangunan. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,