Masuk Masjidil Haram harus lewati portal sterilisasi mandiri

Masuk Masjidil Haram harus lewati portal sterilisasi mandiri

Portal sterilisasi mandiri dipasang di pintu masuk Masjidil Haram. (foto - Facebook TioonkNews)

Mekah  -  Masjidil  Haram  meresmikan  penggunaan  'Portal  Sterilisasi  Mandiri'  yang  dilengkapi dengan  teknologi  baru. Teknologi itu diperkenalkan oleh Presidensi Umum melalui Badan Urusan Teknis dan Layanan di gerbang atau pintu masuk Masjidil Haram, pada Rabu 6 Mei 2020.

Alat tersebut diperkenalkan sebagai bagian dari tindakan pencegahan yang dilakukan pengurus dua Masjid Suci yakni Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah, sejak awal penyebaran pandemi Corona (Covid-19).

Dilansir SPA, Kamis (7/5/2020) portal sterilisasi canggih itu berfungsi mensterilkan orang dengan semprotan antiseptik, yang dilengkapi dengan kamera thermal untuk mendeteksi suhu tubuh dari jarak 6 meter.

Pada portal sterilisasi mandiri itu pula dilengkapi dengan layar pintar, yang dapat membaca suhu beberapa orang saat bersamaan. Kecepatan dalam membaca suhu tubuh orang itu sendiri hanya dalam waktu sekitar satu detik.

Di dalam portal itu juga terdapat unit penyimpanan disinfektan, kamera pengintai thermal dan layar pintar. Siapa pun yang masuk ke area Masjidil Haram mereka akan melewati portal tersebut untuk disterilisasi.

Portal itu didatangkan sebagai pelengkap langkah pencegahan yang dilakukan Pengurus Umum Dua Masjid Suci, di tengah pandemi Corona (Covid-19).

Sejumlah upaya pencegahan yang sudah dilakukan antara lain pemeriksaan semua pendatang ke Masjid Haram, pemasangan kamera thermal dan penerapan jarak antara jamaah umum untuk memastikan keselamatan mereka yang hadir di masjid suci tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,