Kemenag minta Saudi beri batas waktu kepastian ibadah haji

Kemenag minta Saudi beri batas waktu kepastian ibadah haji

Khotbah saat salat di Masjidil Haram Mekah. (foto - HaramainInfo)

Jakarta  -  Sejauh  ini,  Kementerian  Agama  (Kemenag)  masih  menunggu  kepastian   soal  penyelenggaraan  Ibadah  Haji  1441 H atau 2020 M dari pemerintah Arab Saudi. Menurut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, harus ada batas waktu untuk memastikan bisa dilaksanakan tidaknya ibadah haji tahun ini.

"Batas waktu tersebut sebagai dasar bagi pemerintah untuk persiapan dan pelaksanaan haji tahun 2020, khususnya dalam suasana dan situasi yang tidak normal," kata Zainut dalam rapat virtual dengan Komisi VIII DPR di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Ia mengatakan, batas waktu terakhir tersebut juga menjadi pertimbangan dalam persiapan ibadah haji di tengah wabah Covid-19. Sebab alasan tersebut, Kemenag mengusulkan ada tenggat waktu menunggu kepastian dari pemerintah Arab Saudi.

"Kami mengusulkan batas waktu terakhir menunggu kepastian penyelenggaran Haji tahun 1441 H atau 2020 M dari pemerintah Arab Saudi, pada tanggal 20 Mei atau pada akhir bulan Ramadan 1441 H," katanya.

Kemenag kata Zainut, tengah menyiapkan dua skema untuk mengantisipasi keputusan pemerintah Saudi. Pertama, skema pelaksanaan ibadah haji dengan pembatasan kuota, dan kedua skema jika ibadah haji ditiadakan.

Zainut menyatakan, proses negosiasi harga layanan haji tidak dapat dilaksanakan karena belum ada perusahaan yang ditetapkan sebagai penyedia layanan transportasi darat untuk jamaah haji Indonesia.

Negosiasi harga akan segera dituntaskan jika ada kepastian, Ibadah haji bisa dilaksanakan. “Seluruh proses pengadaan layanan haji di Arab Saudi meliputi penyiapan layanan akomodasi, konsumsi dan transportasi dihentikan sampai pada tahap kesepakatan harga," katanya.

"Sementara mengenai proses penandatanganan kontrak dan pembayaran uang muka kepada penyedia akan dilakukan kemudian," lanjutnya. Hal itu dilakukan berdasarkan permintaan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi kepada Menteri Agama Fachrul Razi. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,