Kasus YouTuber Ferdian Paleka Harus Tuntas Hingga Pengadilan

Kasus YouTuber Ferdian Paleka Harus Tuntas Hingga Pengadilan

Ferdian Paleka mendekam di Polrestabes Bandung. (foto - ant)

Bandung - Proses hukum terhadap tiga YouTuber yang melakukan aksi "prank" sembako sampah terhadap waria di Bandung, yakni Ferdian Paleka, M Aidil dan Tubagus Fahddinar harus terus berlanjut.

Hal itu perlu dilakukan sebagai efek jera bagi ketiganya,sekaligus juga sebagai pembelajaran bagi kaum mudah serta masyarakat soal aksi prank, yang saat ini marak terjadi bahkan menjadi tren.

"Prosesnya harus terus berjalan hingga adanya vonis, sehingga memberikan efek jera," kata praktisi hukum di Bandung, Martin Lucky Zebua, Rabu (13/5/2020).

Apa yang dilakukan ketiga YouTuber tersebut, dinilai merendahkan dan mencederai martabat manusia. Meski para korbannya merupakan kelompok transgender, tetap tidak boleh direndahkan martabatnya sebagai manusia. "Itulah Ferdian dan kawan-kawan harus mendapat hukuman setimpal, biar nanti hakim yang memutuskannya seperti apa," katanya.

Dari kacamata Martin, ketiga YouTuber tersebut secara pidana perbuatannya sudah memenuhi unsur falsafah dalam hukum pidana. Terkait soal aksi perundungan terhadap Ferdian cs di dalam sel tahanan menurut Martin, masyarakat terlalu besar merespon kejadian tersebut.

Meski demikian, polisi sudah memberikan tindakan yang salah satunya dengan memindahkan sel Ferdian dan kawan-kawannya. "Pemindahan tersebut saya rasa sudah cukup," tegasnya.

Sejauh ini, polisi telah berhasil meringkus seluruh pelaku yang terlibat dalam aksi prank tersebut. Mereka adalah Ferdian, Aidil dan Tubagus Fahddinar, setelah ketiganya dilaporkan beberapa waria di Kota Bandung, yang tak terima aksi prank tersebut.

Seperti diketahui, Ferdian bersama Aidil dan Tubagus Fahddinar melakukan aksi prank, pada Kamis 30 April di Jalan Ibrahim Adjie (Kiaracondong) Bandung.

Aksi pranknya itu dengan memasukkan sampah dan batu kedalam paket bantuan. Sasaran aksinya para waria yang mangkal di sepanjang Jalan Ibrahim Adjie Bandung. Setelah aksi pranknya berhasil, mereka mengunggah ke media sosial YouTube, dan menjadi viral yang dikecam warga net.

Empat waria yang menjadi korban prank YouTuber Ferdian Paleka cs langsung mendatangi Satreskrim Polrestabes Bandung, pada Senin 4 Mei dinihari. Dalam laporannya, mereka tak terima atas prank Ferdian cs, yang memberikan bantuan berisi sampah. (Jr.)**

.

Tags:,