Mencegah Kesalahan Pemilihan Jurusan dengan Self Knowing

Mencegah Kesalahan Pemilihan Jurusan dengan Self Knowing

Mencegah Kesalahan Pemilihan Jurusan dengan Self Knowing. (foto - edulab)

SEBUAH survei jaringan profesional global LinkedIn menyebutkan, 58 persen profesional muda Indonesia bekerja tidak sesuai dengan cita-cita. Sementara yang bekerja sesuai impian, hanya berjumlah 13 persen.

Survei yang digelar mulai dari Juni hingga Juli 2017 tersebut melibatkan 1.000 responden dari seluruh Indonesia. Termasuk pelajar usia 16 − 23 dan profesional muda berusia 25 – 36 tahun, yang memiliki pengalaman kerja lebih dari dua tahun.

Fakta membuktikan, kesalahan pemilihan jurusan sangat mungkin terjadi dan menjadi permasalahan utama yang dialami di negara ini. Salah pilih jurusan terjadi karena belum memiliki self knowing. Padahal mengenal diri dari sisi bakat, minat dan kemampuan diri adalah modal awal untuk membangun karir yang cemerlang.

Kesuksesan akan cenderung mudah tercapai ketika karir dibangun berdasarkan minat, bakat dan kemampuan yang kamu miliki.

Beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk membantu kesuksesan pada karir :

Cari tahu minat dan bakat sejak SMA. Mengetahui minat dan bakat adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sedini mungkin, saat mereka memilih jurusan kuliah bahkan sebelum memilih SMA. Agar lebih mengetahui jurusan yang berkesinambungan untuk dipilih saat masuk SMA, masuk kuliah dan bahkan saat ia mencari pekerjaan yang sesuai.

Kenali minat dan bakat kamu agar mengenali bakat tersendiri. Kamu harus mengenali minat dan bakatnya dengan baik mulai dari kelebihannya, kekurangannya dan bakat yang menonjol hingga bakat yang kurang menonjol dari diri kamu sendiri. Self knowing dapat membantu kamu dalam memenuhi bakat.

Cari tahu jurusan kuliah & karir yang bisa dipilih dan sesuai dengan minat bakat. Cari tahu berbagai jurusan yang sesuai dengan minat & bakat kamu agar mendapatkan informasi lengkap dari jurusan yang kamu minati.

Buat kesepakatan bersama dengan orang tua dalam pemilihan jurusan. Memilih target jurusan yang akan dimasuki dari jauh-jauh hari merupakan hal penting agar kamu bisa menyiapkannya secara matang untuk mencapai target tersebut, dan sepakati target tersebut bersama orang tua

Buat rencana belajar yang tepat untuk mencapai target jurusan tersebut. Setelah menentukan target, buat rencana tahapan dan aturan belajar yang akan dilakukan, karena fungsinya untuk mencapai target jurusan yang sudah disepakati

Mendapatkan dukungan penuh baik secara moral dan material dari orang tua. Dukungan secara mental sebagai hal utama, karena dengan begitu kamu akan memiliki pemikiran yang positif.

Selain itu, dukungan material dari orang tua juga dilakukan dalam bentuk pemberian fasilitas belajar baik sekolah atau pun bimbel yang memadai. Hal tersebut sangat diperlukan, agar waktu belajar lebih teratur.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu jalankan agar bisa mencapai target dan tujuan dalam memasuki jurusan dan membangun jenjang karir yang lebih baik untuk ke depannya. Mau konsultasi jurusan lebih lanjut? Bisa langsung follow instagram edulab.id ya! (Syifa Wardani Putri)**

.

Categories:PenaCikal,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait