Obama Ganti Menteri Pertahanan

Obama Ganti Menteri Pertahanan

Presiden AS Barrack Obama (kiri) Memecat Menteri Pertahanan AS Chuck Hegel . (Foto: Net)

Washington  - Presiden Barack Obama akan mengumumkan pengganti Chuck Hagel sebagai Menteri Pertahanan, kata Gedung Putih seperti dikutip AFP.

Calon kuatnya adalah Ashton Carter, mantan deputi menteri pertahanan di bawah Leon Panetta dari Oktober 2011 sampai Desember 2013.

Gedung Putih menyanjung pemahaman mendalam Carter terhadap kerja Pentagon (Departemen Pertahanan) dan mengulangi lagi kebersetujuan Senat atas nominasinya sebagai orang nomor di Pentagon pada 2011.

Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest berkata, "Dia akan diumumkan esok Jumat  (5/12/2014) waktu AS atau Sabtu pagi WIB," ujar Josh, Jumat (5/12) WIB.

Hagel telah menyatakan mundur bulan lalu.

Kabarnya dia dipaksa mundur karena Gedung Putih sudah tak mempercayainya, berkaitan dengan kampanye perang AS melawan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Namun, dalam konferensi pers, Hagel membantah telah dipecat, melainkan karena ada kesepakatan imbal balik dengan presiden.

"Kami berdua bersepakat bahwa saya kira negara ini harus dilayani oleh kepemimpinan baru," kata Hagel.

Carter (60) dikenal sebagai pakar senjata teknologi tinggi dan anggaran militer serta dipandang seorang reformis dalam birokrasi Pentagon.(Ode)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,