Gubernur Emil Paparkan 3 Strategi Hadapi Pandemi Covid-19

Gubernur Emil Paparkan 3 Strategi Hadapi Pandemi Covid-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil . (foto - humas)

Bandung  -  Gubernur  Jawa  Barat  Ridwan  Kamil  memaparkan   ada  tiga  strategi  yang  diterapkan  dalam  menghadapi Covid-19. Demikian disampaikan Emil, dalam sebuah video saat conference pers BNPB.

"Strategi pertama adalah benteng pencegahan, strategi kedua adalah benteng pelacakan dan pengetesan, serta benteng yang ketiga adalah benteng perawatan," kata Emil, Sabtu (16/5/2020).

Di benteng pertama, pihaknya melakukan PSBB, melakukan pelarangan mudik, menerapkan sosial distancing dan lain sebagainya.
"Sedangkan di pelacakan, kita melakukan tes masif sebanyak-banyaknya mendekati 0,6 persen dari jumlah penduduk. Dan di perawatan kita menyiapkan 105 rumah sakit rujukan, peralatan ventilator buatan lokal untuk menyempurnakan kekurangan dan sebagainya," katanya.

Ia menyadari, di benteng pencegahan memang itu modal yang dipunyai. "Kenapa? Sebab, kita hanya punya modal sosial. Jawa Barat penduduknya sekitar 50 juta, Korea Selatan juga 50 juta. Namun Jawa Barat hanya punya uang 1 persen dari Korea Selatan, untuk menyelamatkan sama-sama 50 juta, maka modal kita hanya kedisiplinan," tegasnya.

Sejauh ini, tak banyak yang bisa dilakukan sebelum ada obat untuk penanganan virus tersebut. "Sebelum vaksin ditemukan yaitu pengobatan, maka strategi kita hanya busa melakukan dengan pencegahan," katanya.

Ia pun mempunyai rumusan yang paling sederhana dalam melakukan pencegahan. "Dengan rumus, di mana ada kerumunan di situ ada Covid-19. Di mana tidak ada kerumunan di situ tidak ada Covid-19," tegas Emil.

Oleh karenanya, ia terus melakukan PSBB yang dilakukan secara bertahap. "PSBB kita lakukan di Jabar dibagi 3 tahap. Dimulai dari Bodebek tanggal 15 April, lalu dilanjutkan di Bandung Raya mencakup 5 kota Bandung Raya dan Kabupaten 22 April, kemudian akhirnya kita bikin PSBB skala provinsi tanggal 6 Mei, yang akan berakhir di tanggal 20 Mei atau minggu depan," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,