Suara Dentuman Misterius Heboh di Bandung, Ini kata BMKG

Suara Dentuman Misterius Heboh di Bandung, Ini kata BMKG

Suara dentuman misterius hebohkan warga Bandung Jabar. (foto - ilustrasi)

Bandung  -  Suara   dentuman   misterius   menghebohkan  warga  Bandung  Raya  Jabar,  Kamis  (21/5/2020)  pagi  antara pukul 08.30 hingga 09.30 WIB. Sejauh ini, belum diketahui asal atau sumber suara tersebut.

Bahkan, warga Kota Bandung dan Kabupaten Bandung seperti Banjaran hingga Ciwidey mendengar suara dentuman tersebut hingga beberapa kali. "Sempat kedengaran di wilayah Moh Toha, Buahbatu, Astanaanyar dan Kopo," kata seorang warga Bandung, Akbar.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, masih diperlukan analisa untuk mengetahui asal-usul sumber suara dentuman tersebut. "Ya, perlu dianalisa penyebab sumber suara dari faktor apa selain gempa, cuaca dan petir," katanya.

Menurut Tony, sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB pada Kamis ini tidak ada kejadian gempa. Sementara untuk cuaca pun cerah berawan. "Tidak ada juga kejadian suara petir mulai dari pukul 08.30 WIB sampai 10.00 WIB".

Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengemukakan, pihaknya belum bisa memastikan dari mana sumber suara dentuman tersebut.

"Hasil monitoring BMKG tidak ada aktivitas gempa bumi signifikan yang terjadi di wilayah Bandung dan sekitarnya sejak pukul 00.00 hingga 10.00 WIB. Cuaca di Bandung dan sekitarnya pun dalam kondisi cerah dan berawan, serta tidak terjadi hujan,” katanya.

Sementara hasil monitoring petir menggunakan peralatan lightning detector oleh BMKG, juga menunjukkan tidak ada kejadian petir di Bandung dan sekitarnya antara pukul 08.30 sampai 10.00 WIB tersebut.

"Dengan demikian, berdasarkan data tersebut suara dentuman bukan bersumber dari peristiwa gempa bumi, petir atau cuaca di Bandung dan sekitarnya," tegas Daryono. (Jr.)**

.

Categories:Infotech,
Tags:,