Tiba di Bandara Juanda 132 PMI dari Malaysia Jalani Rapid Test

Tiba di Bandara Juanda 132 PMI dari Malaysia Jalani Rapid Test

132 PMI dari Malaysia tiba di Bandara Juanda langsung jalani rapid test. (foto - ist)

Sidoarjo - Sedikitnya 132 pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur (Jatim) dipulangkan oleh pemerintah. Setelah bekerja di Malaysia mereka tiba di Bandara Juanda Surabaya.

Kw-132 PMI itu terbang dari Negeri Jiran dengan pesawat Malaysia Airlines tipe Boeing 738, dengan nomor penerbangan MH873. Pesawat itu mendarat dan parkir di parking stand A08. Mereka tiba di Terminal 2 Juanda, sekitar pukul 14.50 WIB.

"Setelah turun dari pesawat mereka langsung dilakukan pemeriksaan. Mulai dari dokumen serta pemeriksaan kesehatan," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Klas I Surabaya dr. Budi Hidayat di Bandara Juanda Sidoarjo, Kamis (21/5/2020).

Budi menjelaskan, 132 PMI itu langsung menjalani rapid test. Apabila hasilnya non-reaktif, mereka akan meneruskan perjalanan ke daerahnya masing-masing. Namun jika reaktif, mereka akan dilakukan perawatan di RS Menur Surabaya.

"PMI yang reaktif langsung dibawa ke rumah sakit Menur Surabaya untuk menjalani pemeriksaan lanjutan, yakni uji swab," katanya. Meski mereka yang nonreaktif bisa melanjutkan perjalanan, tetap harus diisolasi mandiri selama 14 hari, yang dipantau oleh dinas kesehatan di daerahnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,