Hampir 1 Ton Sabu Asal Timteng Disita, 2 Tersangka Dibekuk

Hampir 1 Ton Sabu Asal Timteng Disita, 2 Tersangka Dibekuk

Pengungkapan penggerebekan gudang sabu hampir satu ton di Kota Serang Banten. (foto - humas Polri)

Serang  -  Gudang  penyimpanan   narkoba   jenis  sabu  seberat  hampir  1  ton  di  Kampung  Kepandean  Got  Kelurahan Drangong Kecamatan Taktakan Kota Serang Banten digerebek Satgasus Bareskrim Mabes Polri, Sabtu (23/5/2020).

Sabu seberat hampir 1 ton disimpan di dalam ruko yang berada di pinggir jalan dan tengah permukiman warga. Sabu tersebut dibungkus dengan menggunakan plastik bening dan disimpan di dalam ratusan boks.

"Kita rilis pengungkapan narkoba jenis sabu jaringan internasional dari Timur Tengah yang ditangkap tadi malam, dan berhasil mengamankan sabu sebanyak 821 kilogram," kata Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Selain berhasil mengamankan barang bukti sabu, polisi berhasil mengamankan dua orang pelaku yakni BA asal Pakistan dan AS asal Yaman. "Saat ini kami masih melakukan pengembangan untuk mengungkap yang lebih besar," katanya.

Mantan Kapolda Banten itu merinci, sabu disimpan di dalam 491 boks, 145 bungkus plastik bening. "Dari hasil pengungkapan ini, sebanyak 3,2 juta generasi bangsa diselamatkan dari penyalahgunanan narkoba," tegas Listyo.

Ia menjelaskan, proses pengungkapan itu dilakukan setelah penyelidikan enam bulan lalu. Saat itu, tim Bareskrim Polri mengamankan Anak Buah Kapal (ABK) dan kapalnya di sebuah pantai, namun tidak menemukan sabu.

Penyelidikan terus berlanjut hingga menangkap tiga tersangka. Proses terus dikembangkan, hingga akhirnya diamankan sabu seberat 821 kg yang dibungkus dalam kemasan taperware ada 491 boks, plastik bening ada 146, lakban kuning 92 dan lakban cokelat ada 88 bungkus.

"Kita mendapatkan info, jaringan Timur Tengah akan melakukan transaksi, sehingga kita dapati target yang tinggal di wilayah Jakarta. Dilakukan penyelidikan dan pembuntutan, target dua orang semalam, sedang memindahkan sabu ke kotak yang sudah disiapkan, anggota tim melakukan penyergapan," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,