Sumbangan ASN Jabar Tangani Covid-19 Tembus Rp 10 Miliar

Sumbangan ASN Jabar Tangani Covid-19 Tembus Rp 10 Miliar

Sumbangan ASN Jabar Tangani Covid-19 Tembus Rp 10 Miliar. (foto - ist)

Bandung - Sumbangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jabar untuk penanganan Covid-19 hampir mencapai Rp 11 miliar. Sebagian sudah disetorkan kepada Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar.

Menurut Dudi Sudradjat Abdurachim, selaku Asisten Administrasi Setda Jabar sekaligus Ketua Divisi Pemberdayaan Aparatur, Non Aparatur dan Masyarakat, sumbangan uang dari ASN sama sekali tidak dipotong.

"Salah satu program yang dikerjakan divisi kami mengumpulkan sumbangan dari ASN. Alhamdulillah sampai sekarang sudah terkumpul lebih Rp 10 miliar," kata Dudi saat konferensi pers daring, Selasa (26/5/2020).

"Sebanyak Rp 9 miliar sudah disetorkan ke divisi gugus tugas. Kalau sudah masuk ke sana, masuk ke kas daerah (untuk digunakan menangani pandemi Covid-19)," katanya.

Pihaknya juga membuat program dengan membentuk Relawan Aparatur Negara (RAN). Relawan yang dibina oleh Atlas Medical Pioneer Unpad itu ditugaskan menjadi trainer, untuk mensosialisasikan terkait bahaya dan penanganan Covid-19. Mereka disebar ke 27 kabupaten kota hingga tingkat kecamatan dan desa.

"Mereka paham dengan Covid-19 bisa menyebarkan informasi ke masyarakat. Kita juga sudah melatih 100 orang anak muda terpilih untuk memperbaiki data yang mendukung Pikobar guna memperbaiki saluran informasi," tegasnya.

Mengenai kendala ia mengatakan, ada hambatan terkait penyaluran bantuan sosial dari Jabar untuk masyarakat. Salah satunya perubahan data yang dinamis. "Tahap pertama bagi kami tahap pembelajaran. Data DTKS untuk tahap pertama 445 ribu sisa 33 ribu. InsyaAllah sampai Mei akan diselesaikan," katanya.

"Sedangkan Non-DTKS untuk 1,4 juta lebih sudah 700 ribu oleh bulog sudah dilakukan, ada yang tertahan di Pos. Kita akan selesaikan 10 hari. Dari Bulog selesai, penyaluran dari pos tanggal 8 kita selesaikan. Ke depan pos giro sudah ditekankan harus menyelesaikan selama 14 hari". (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,