Kota Bekasi Jadi Percontohan New Normal, RO di Bawah 1

Kota Bekasi Jadi Percontohan New Normal, RO di Bawah 1

Jokowi didampingi Emil saat meninjau Mal Summarecon Kota Bekasi. (foto - ist)

Bekasi - Bekasi menjadi kota percontohan bagi sejumlah daerah new normal. Apalagi, wilayah penyanggah DKI Jakarta itu disebut-sebut tingkat reproduction number (RO) virus Corona berada di bawah angka 1.

"Kami sudah menerapkan tiga kali PSBB. Sekarang ini pak Presiden sudah masuk new normal atau tatanan kehidupan baru," kata Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Rabu (27/5/2020).

Rahmat menjelaskan, Bekasi telah menjadi kota percontohan untuk membuka sarana pusat perbelanjaan karena R0 berada pada angka 0,71. Untuk yang kali pertama dialihkan adalah ekonomi kecil (tenant) yang sudah ada agar bisa tumbuh.

Untuk mal dilakukan secara bertahap setelah DKI. "Karena kami buka terlebih dahulu, dikhawatirkan warga DKI malah akan menyerbu ke sini," katanya.

R0 atau reproduction number merupakan jumlah ekspektasi dari kasus kedua yang dihasilkan dari satu penderita, yang mempunyai kemampuan menularkan penyakit pada saat suatu penyakit masuk dalam sebuah populasi sehat selama masa infeksi.

Salah satu contohnya, ketika kasus Corona di suatu daerah memiliki R0 = 2, bisa diartikan 1 orang yang positif Corona bisa menularkan 2 orang yang sehat. Namun, R0=2, jumlah orang yang terpapar virus Corona akan ada 256 orang yang positif. Kemudian setelah 10 putaran, jumlah itu naik menjadi 2.048 orang.

Ia mengaku, pihaknya akan segera membuka sarana ibadah pekan depan. Namun, seluruh rumah ibadah itu harus masuk kategori zona hijau. Selain itu Bekasi harus tetap memprioritaskan protap kesehatan saat new normal. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,