New Normal Kota Bekasi Mulai Jumat, Masjid & Restoran Dibuka

New Normal Kota Bekasi Mulai Jumat, Masjid & Restoran Dibuka

Walikota Bekasi Rahmat Effendi. (foto - ist)

Bekasi - Pemerintah Kota Bekasi Jawa Barat memutuskan untuk membuka sejumlah fasilitas publik yang sebelumnya ditutup, selama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun, aktivitas sosial tetap mendapatkan pembatasan disertai protokol kesehatan.

Menurut Walikota Bekasi Rahmat Effendi, tatanan hidup baru tersebut mulai dari membuka kegiatan perekonomian skala kecil. Lalu membuka tempat ibadah semua umat beragama di wilayahnya mulai Jumat 30 Mei mendatang.

"Berkenan dengan tatanan hidup baru (new normal), Pemkot Bekasi sudah melakukan simulasi," kata Rahmat di Bekasi, Rabu (27/5/2020). Menurutnya, kegiatan ekonomi sudah dibuka sepanjang pelanggan menjaga jarak.

Misalnya, sebuah restoran yang sebelumnya hanya melayani take away, kini diizinkan melayani makan di tempat. "Sepanjang menjaga jarak, menggunakan masker, sesuai protokol yang ada. Contohnya sekarang makan di tempat, biasanya satu meja bisa empat orang, sekarang hanya boleh dua orang," katanya.

Selain diizinkan makan di tempat, tempat ibadah untuk seluruh umat beragama juga mulai dibuka pada Jumat. Jamaah diizinkan melaksanakan ibadah salat Jumat di masjid tapi khusus warga sekitar, begitu juga di agama lain diiziinkan ke tempat ibadahnya.

"Bagi kegiatan ibadah lain tentunya menyesuaikan. Misal, warga umat gereja itu kan kadang-kadang domisilinya jauh, kita lihat sepanjang dia sehat dapat melakukan kegiatan ibadah tapi dengan radius tertentu," tegasnya.

Pertimbangan memberikan izin pelaksanaan ibadah di tempat ibadah karena kondisi laju pertumbuhan ODP, PDP semakin rendah, reproduksi virus Corona juga rendah. "Angka kematian makin rendah, sehingga kami memberikan kesempatan dapat melakukan kegiatan ibadah di tempat ibadah," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,