Sam Smith dan Beyonce Pimpin Grammy Awards 2014

Sam Smith dan Beyonce Pimpin Grammy Awards 2014

Penyanyi soul-pop asal Inggris, Sam Smith, dan bintang R&B, Beyonce.(Foto:Net)

Los Angeles  - Penyanyi soul-pop asal Inggris, Sam Smith, dan bintang R&B, Beyonce, memimpin dengan masing-masing lima nominasi Grammy.

Smith (22) terpilih dalam lima nominasi di antaranya Record of the Year untuk lagu "Stay with Me" dan Best New Artist yang bersaing dengan rapper asal Australia Iggy Azalea, British pop-rock Bastille, penyanyi country Brandy Clark dan trio kakak beradik asal California, Haim.

Kandidat Record of the Year juga termasuk lagu milik Taylor Swift yang bejudul "Shake it Off," lagu musim panas Meghan Trainor "All About That Bass," lagu duet Iggy Azalea dan Charli XCX "Fancy", dan lagu yang dibawakan Sia "Chandelier." 

Smith juga masuk dalam nominasi Song of the Year, untuk lagu "Stay with Me," dan juga Pop Vocal Album terbaik untuk albumnya "In the Lonely Hour." 

Nominator lain yang juga memperebutkan Song of the Year yakni Swift "Shake it Off," Trainor "All About Itu Bass", Sia "Chandelier", dan Hozier "Take Me ke Chruch." 

Sementara Beyonce (33) memborong nominasi dalam kategori R&B, seperti Best R&B Performance dan Best R&B Song untuk lagunya "Drunk In Love" yang berduet dengan suaminya rapper Jay Z. 

Album berjudul sama dengan namanya yang dirilis tiba-tiba tanpa gembar-gembor pada Desember tahun lalu yang tercatat sebagai salah satu album terlaris tahun ini, dan dinominasikan untuk Best Urban Contemporary Album.

Dengan total 51 nominasi sepanjang karir bermusiknya, Beyonce kini menjadi artis paling banyak dinominasikan dalam sejarah Grammy, mengalahkan produser David Foster.

Album Swift "1989" yang telah terjual lebih dari 2 juta kopi sejak dirilis Oktober lalu tidak masuk dalam nominasi apapun meskipun lagunya berjudul "Shake it Off" meraih tiga nominasi.

Kategori paling bergengsi di Grammy, Album of The Year, akan diumumkan di televisi dalam konser "A Very Grammy Christmas" yang ditayangkan Jumat (5/12) malam waktu setempat di stasiun TV CBS.

The Recording Academy terdiri para profesional industri musik yang memilih artis dan musik dirilis antara 1 Oktober 2013 dan 30 September 2014.

Untuk menarik anak muda dalam ajang tahunan yang akan diselenggarakan di Los Angeles pada 8 Februari 2015, Recording Academy memilih untuk mengumumkan nominasi pada Jumat (5/12) pagi waktu setempat melalui Twitter, demikian Reuters.(Ode)**

.

Categories:Musik,