Pasangan Mahasiswa Ditangkap Seusai Buang Bayi di Prambanan

Pasangan Mahasiswa Ditangkap Seusai Buang Bayi di Prambanan

Sepasang kekasih pelaku buang bayi di kawasan Prambanan mendekam di Rutan Sleman. (foto - Polres Sleman)

Sleman - Sepasang kekasih yang masih berstatus mahasiswa berinisial A (21) dan M (20) ditangkap jajaran Polres Sleman, karena membuang bayi perempuan di kawasan Prambanan Kabupaten Sleman.

Kedua mahasiswa tersebut membuang bayi yang masih berusia 3 hari di tepi jalan Prambanan, pada Minggu 14 Juni 2020 lalu.
Kasatreskrim Polres Sleman, AKP Deni Irwansyah menyatakan, kedua pelaku nekat membuang bayi hasil hubungan mereka karena takut ketahuan orangtuanya.

Deni menjelaskan, kedua pelaku memang telah menjalin hubungan asmara atau pacaran dan merencanakan hubungannya sampai ke tahap pernikahan.

Diketahui, tersangka yakni saudari M telah melahirkan seorang anak perempuan pada 12 Juni 2020 sekitar pukul 04.00 WIB di rumah sakit wilayah Jawa Tengah.

"Tersangka M bersama pacarnya A kemudian membuang bayi tersebut di pinggir jalan di daerah Prambanan Sleman, pada 14 Juni 2020 sekitar pukul 02.30 WIB," kata Deni, Senin (22/6/2020).

"Keduanya pacaran dan memang berencana untuk menikah. Keduanya membuang bayi tersebut, dengan alasan karena takut diketahui oleh kedua orangtuanya," katanya.

Ia menambahkan, kedua pelaku ditangkap di kediamannya yang berada di kawasan Jawa Tengah. Setelah membuang bayi hasil hubungannya, kedua pelaku pun kembali ke daerah Jateng untuk bersembunyi.

Sejauh ini, pihaknya mengamankan sejumlah barang bukti dari kedua pelaku. Antara lain satu selimut bayi, satu bantal, satu perlak, dua gelang identitas bayi serta fotocopy surat kelahiran.

"Kedua pelaku kami tahan di Rutan Sleman. Keduanya dijerat dengan Pasal 76 Jo 77B UU RI No. 17 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Jo Pasal 308 Sub Pasal 304 Sub Pasal 305 KUHP, dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun," katanya. (Jr.)**

.

Tags:,