Seorang IRT Tipu 11 Korban, 12 Sepeda Motor pun Digadaikan

Seorang IRT Tipu 11 Korban, 12 Sepeda Motor pun Digadaikan

Tersangka penggelapan motor digiring petugas ke Polres Pemalang. (foto - Polres Pemalang)

Pemalang - Kurang dari 24 jam, jajaran Polres Pemalang berhasil mengamankan seorang tersangka ibu rumah tangga berinisial TL (30). Hal itu setelah setelah menerima laporan penipuan dan penggelapan sepeda motor dari salah satu korban DZP (25).

Dalam konferensi pers di Aula Bhayangkara Polres Pemalang, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengatakan, tersangka menyewa motor per hari sebesar 75 ribu rupiah. Lalu tersangka menggadaikan kendaraan itu tanpa sepengetahuan korban.

"Pada waktu yang telah disepakati, tersangka tidak mengembalikan sepeda motor pada korban, dan menggadaikannya pada orang lain," kata AKBP Ronny, Kamis (25/6/2020).

Ia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan secara intensif terungkap tersangka juga telah melakukan perbuatan yang sama terhadap orang lain, dalam kurun waktu sebulan terakhir. "Jumlah barang bukti yang diamankan sejumlah 12 sepeda motor, sedangkan jumlah korban secara keseluruhan 11 orang," katanya.

Saat menyewa sepeda motor tersangka beralasan akan menggunakan sepeda motor itu untuk berangkat kerja, karena motor miliknya dibawa suami mudik. "Saat menggadaikan motor, tersangka mengatakan motor yang digadaikan itu miliknya sendiri," katanya.

Akibat perbuatannya, TL dijerat dengan Pasal 378 dan atau 372 jo 65 KUHP, dengan ancaman hukuman kurungan maksimal 4 tahun.

Tersangaka TL menyebutkan, dirinya melakukan aksinya karena kepepet kebutuhan. "Saya kesulitan untuk membiayai keluarga, sehingga nekat melakukan aksi ini. Semua hasil penjualan saya belanjakan untuk kebutuhan keluarga," katanya. (Jr.)**

.

Tags:,