Bank BJB Siap Bantu UMKM

Bank BJB Siap Bantu UMKM

Petugas Bank BJB saat menerangkan program kredit UMKM.(Foto:Ade/CikalNews)

Bandung – Terkendalanya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk berkembang dan melebarkan sayap adalah karena faktor permodalan. Modal yang minim membuat rata-rata UMKM di Indonesia, khususnya Jawa Barat berjalan monoton dan belum berdaya saing. Inilah yang menjadi perhatian khusus bagi bank yang peduli nasib dan perkembangan UMKM Jawa Barat.

 

Bank BJB selaku bank pemerintah Jawa Barat mempunyai visi untuk mengedepankan pengusaha UMKM agar bisa go global baik tingkat nasional atau internasional. Berbagai program peduli UMKM sudah digelontorkan sejak beberapa tahun lalu seperti  KUR (kredit Usaha Rakyat) dan KCR (Kredit Cinta Rakyat).

 

Menurut Kredit Oficer BJB Bandung, Rizky Nurahman, bantuan permodalan untuk UMKM selama setahun yang dikeluarkan Bank BJB sebesar Rp 235 miliar, dan itu harus terserap oleh ribuan UMKM yang ada di Jawa Barat.

 

“Melalu unit sentra UMKM Bank BJB, dana untuk UMKM harus diserap ke pelaku usaha UMKM setidaknya 20 persen dari seluruh stok dana pinjaman di Bank BJB. Sebanyak Rp 235 miliar siap dikucurkan ke sentra-sentra UMKM dalam tiap tahunnya," kata Rizky dalam sosialisasi pengembangan UMKM di salah satu hotel di Pasirkaliki, Kota Bandung, Jumat (5/12/2014).

 

Rizky menambahkan, setiap pelaku usaha UMKM per nama hanya berhak mendapat bantuan modal maksimal Rp 50 Juta.

 

“Jadi kita kasih jatah modal Rp 50 juta, modal untuk UMKM kita terapkan bunga yang sangat minim yaitu 8,3 persen per tahunnya. Bagi pelaku usaha yang ingin mengajukan modal bisa datang dan mengisi aplikasi untuk kemudian disurvei," tambah Rizky.

 

Permodalan ditujukan untuk pelaku usaha UMKM yang usahanya minimal sudah berjalan selama satu tahun. "Program KCR dan KUR diberikan bunga jauh sangat murah dibanding bunga perkreditan lainnya. Enaknya program ini pelaku usaha tidak usah memberikan jaminan, namun hanya memberikan surat keterangan usaha dari keluruhan atau desa setempat," katanya. (AY)

.

Categories:Perbankan,