Di Bandung, Gugatan Cerai pun Meningkat Masuki Masa AKB

Di Bandung, Gugatan Cerai pun Meningkat Masuki Masa AKB

Sejumlah warga menunggu giliran jalani sidang gugatan cerai. (foto - ilustrasi)

Bandung - Jumlah gugatan perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama Kota Bandung sejak Maret hingga menjelang akhir Juni mengalami kenaikan. Hal itu bertepatan dengan masa-masa wabah virus Corona jangkiti puluhan ribu warga.

Selama Maret hingga Juni itu pula pemerintah mulai melakukan sejumlah kebijakan, terkait virus Corona. Mulai dari menetapkan kondisi jadi pandemi Covid 19, hingga menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Berdasarkan data dari Pengadilan Agama Bandung, tercatat ada sebanyak 433 gugatan pada Maret 2020. kemudian 103 gugatan pada April, Mei sebanyak 207 gugatan dan pada Juni hingga tanggal 24 telah mencapai 706 gugatan.

"Dari seluruh perkara gugatan yang masuk, pengadilan memutuskan 1,355 gugatan perceraian dari total 1,449 gugatan yang masuk ke Pengadilan Agama Bandung," kata Ketua Pengadilan Agama Bandung Acep Syaifudin, Jumat (26/6/2020).

Meski pada Juni jumlah gugatan yang masuk mengalami peningkatan sejak Maret, jika dibandingkan secara keseluruhan jumlah itu tidak mengalami kenaikan secara signifikan. "Sebab, rata-rata per bulan biasanya 600 gugatan cerai yang masuk," katanya.

Dengan demikian lanjut Acep, secara umum sejak awal tahun hingga saat ini gugatan tersebut secara statistik menurun. Saat ini, Pengadilan Agama Bandung menerapkan pendaftaran gugatan melalui online atau e-court.

"Termasuk juga mungkin dikarenakan kebijakan pemerintah yang sangat ketat, dalam rangka menangani Covid-19. Di mana ketika dilakukan PSBB, warga diperintahkan untuk tidak keluar rumah, otomatis mereka sedikit yang datang ke Pengadilan Agama," katanya.

"Meski masih dalam kondisi pandemi, pemerintah sudah menurunkan kebijakan new normal, sehingga kita sudah membuka kembali pendaftaran secara biasa selain e-court. Pendaftarnya ternyata cukup banyak hingga 706 perkara pada Juni 2020". (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,