Ke Pangandaran tak Perlu Lagi Bawa Hasil Rapid Mulai 1 Juli

Ke Pangandaran tak Perlu Lagi Bawa Hasil Rapid Mulai 1 Juli

Pantai Timur Pangandaran dilihat dari udara. (foto - ant)

Pangandaran  -  Pemerintah  Kabupaten  Pangandaran  telah  lama   membuka   kembali  lokasi   wisata,  sejak  ditetapkan sebagai zona biru oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Namun, setiap warga yang akan berlibur di Pangandaran harus memperlihatkan surat negatif covid-19, baik berupa hasil rapid test maupun swab test.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menegaskan, setelah diberlakukan kurang lebih selama 3 pekan dibuka, kini warga asal Jabar yang akan berlibur di Pangandaran tak perlu lagi menyertakan surat negatif covid-19.

Kini, warga cukup menerapkan protokol kesehatan saat berlibur ke Pangandaran. "Untuk warga Jabar tidak perlu lagi bawa hasil rapid test dan boleh rombongan tetapi dengan protokol kesehatan," kata Jeje, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, kebijakan itu diambil setelah pihak Pemkab Pangandaran melakukan rapat koordinasi dengan beberapa pihak, pada Senin 29 Juni 2020. Adapun aturan itu mulai diberlakukan pada 1 Juli 2020.

Pantai Barat Pangandaran sebagai area untuk berenang.

 

Nantinya lanjut Jeje, sambil berjalan pihaknya akan melakukan evaluasi secara berkala. Menurut rencana evaluasi tersebut akan dilakukan selama satu pekan ke depan.

Jeje menyatakan, aturan berkunjung tanpa surat keterangan bebas Covid-19 itu hanya berlaku bagi warga Jabar. Sedangkan warga dari luar Jabar yang akan berlibur di Pangandaran tetap diwajibkan menyertakan surat bebas covid-19, baik itu rapid test maupun swab test.

Mengenai protokol kesehatan yang diterapkan, setiap pengunjung wajib menggunakan masker. Selain itu, di tempat wisata pun akan diperbanyak tempat mencuci tangan.

Sementara hotel, restoran dan kafe dalam menerapkan physical distancing, tetap hanya boleh menerima tamu maksimal 50 persen dari kapasitas masksimal. "Di area pantai tengah kita petakan pola bergerombol. Misalnya, keluarga A dan keluarga B ada jaraknya," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,