Seorang Anggota DPR dari Partai Nasdem Dilaporkan ke MKD

Seorang Anggota DPR dari Partai Nasdem Dilaporkan ke MKD

Staf Sekretariat Jenderal DPR Tiara terima laporan Aliansi Masyarakat NTB. (foto - ist)

Jakarta - Aliansi Masyarakat NTB kembali melaporkan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Nasdem Syamsul Lutfhi. Mereka melaporkan Syamsul ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

Diketahui, Syamsul dilaporkan atas tuduhan penipuan yang pernah dilakukannya pada 2012 lalu. Sebelumnya, Syamsul Luthfi pun telah dilaporkan ke Mahkamah Partai Nasdem.

"Kami mendatangi DPR untuk melaporkan dugaan penipuan yang dilakukan oleh salah satu oknum anggota Komisi II DPR RI," kata Koordinator Aliansi Masyarakat NTB Zulvikar Ramadhan, di kompleks Gedung DPR Jakarta, Selasa (30/6/2020).

Ia berharap, laporannya itu dapat ditindaklanjuti oleh MKD. Sebab, apa yang dilakukan oleh Syamsul Luthfi tidak hanya melanggar hukum, tapi juga pelanggaran etik. "Karenanya, kami ingin laporan ini diatensi oleh MKD, karena bisa menciderai institusi DPR," katanya.

Laporan Aliansi Masyarakat NTB yang ditujukan kepada MKD tersebut diterima langsung oleh staf Sekretariat Jenderal DPR, Tiara. "Betul ada laporan dari sekelompok masyarakat NTB atas dugaan penipuan yang dilakukan oleh Syamsul Lutfhi, salah satu anggota Komisi II DPR Fraksi Nasdem. Kami akan sampaikan laporan ini ke MKD, untuk segera dipelajari dan diproses," kata Tiara.

Diduga, Syamsul Lutfhi terlibat dalam kasus penipuan saat ia menjabat sebagai wakil bupati Lombok Timur periode 2008-2013. Motif penipuan terjadi pada 2012 yang berawal dari sejumlah permintaan uang ke salah satu korban Muhammad Faisal, dengan dalih iming-iming pengerjaan proyek di Kabupaten Lombok Timur.

Namun, hingga masa jabatannya sebagai wakil bupati selesai apa yang dijanjikan itu tak terealisasi. Syamsul sendiri membantah keras tuduhan, ia sudah melakukan penipuan. Ia menilai, tuduhan itu sebagai fitnah yang tendensius dan kental dengan muatan politis. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,