Evakuasi Pesawat Garuda di Makassar Hingga Dinihari

Evakuasi Pesawat Garuda di Makassar Hingga Dinihari

Sejumlah petugas evakuasi pesawat Garuda yang tergelincir di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. (foto - ist)

Makassar - Proses evakuasi pesawat Garuda Indonesia yang tergelincir keluar landasan di runway 21 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan masih berlangsung, Kamis (2/7/2020) dinihari.

Sejumlah petugas dari berbagai pihak tampak melakukan evakuasi ban pesawat, yang keluar dari landasan. Pihak bandara melalui Kantor Otoritas Bandara Udara Wilayah V Makassar juga telah berkoordinasi dengan TNI AU, Air Nav, Komite Nasioanl Keselamatan Transportasi (KNKT).

Selain itu dengan Direktorat Kelayakan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara untuk melakukan investigasi, mengenai penyebab pastinya pesawat Boeing Garuda Indonesia tersebut keluar dari landasan.

Kabid Keamanan Angkutan Udara Otoritas Bandara Wilayah V Makassar Dwi Lestari mengaku, proses evakuasi pesawat Garuda ditargetkan berlangsung sampai pukul 04. 00 Wita, sebelum jadwal penerbangan pertama tujuan Biak dari maskapai Sriwijaya.

Meski pesawat Boeing Garuda dengan nomor penerbangan GA 613 rute Makassar - Jakarta itu sempat keluar landasan, kondisi pesawat hingga saat ini tidak terjadi kerusakan.

Petugas masih melakukan evakuasi ban pesawat dan kargo pesawat, sementara seluruh penumpang yang selamat rencananya akan diberangkatkan dengan pesawat berbeda pada pagi hari ini.

Beruntung, dalam insiden itu tidak korban jiwa, semua penumpang dan kru pesawat dengan nomor penerbangan GA 613 rute Makassar - Jakarta selamat.

Seluruh penumpang yang berjumlah sekitar 14 orang penumpang dan 12 orang lainnya kru pesawat, telah dievakuasi ke salah satu hotel terdekat dari bandara.

Selain itu, arus lalu lintas pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar juga tidak terjadi gangguan, karena penerbangan pesawat Garuda tersebut merupakan penerbangan terakhir pada malam tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,