Finalis Ratu Gendong Kunjungi Borobudur

Finalis Ratu Gendong Kunjungi Borobudur

ilustrasi

Magelang- Para finalis pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2014 mengunjungi sejumlah destinasi wisata desa di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (6/12/2014).

Sasaran kunjungan mereka yang berjumlah 22 orang itu, antara lain pusat kerajinan gerabah tradisional di Dusun Klipoh, Desa Karanganyar, sekitar 3,5 kilometer selatan Candi Borobudur.

Selain itu, mereka yang terdiri atas 13 finalis pemilihan Ratu Jamu Gendong 2014 dan sembilan finalis Jamu Gendong Teladan 2014 tersebut, berkunjung ke tempat kerajinan kayu "Rik Rok" dan pembuatan rengginang, keduanya di Dusun Tingal, Desa Wanurejo, sekitar 1,5 kilometer timur Candi Borobudur.

Ikut pula dalam kunjungan para finalis berasal dari sejumlah kota itu, Ratu Jamu Gendong 2012 bernama Triningsih (27), berasal dari Sukoharjo, namun telah 10 tahun terakhir menjadi penjual jamu gendong di Cirebon, Jawa Barat.

Di pusat kerajinan kayu "Rik Rik", mereka dipandu oleh pemilik usaha wisata itu, Ipung, untuk mempraktikan pembuatan suvenir khas Borobudur yang bernama "pensil gaul".

Ketua Panitia Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Teladan 2014 Aries Rahardjo mengatakan kunjungan ke desa wisata di sekitar Candi Borobudur memperluas wawasan para finalis tersebut.

"Ini bertujuan memperluas wawasan mereka tentang desa-desa wisata, tentang dunia usaha masyarakat desa-desa wisata di sini. Mereka setiap hari juga menjalani usaha ekonomi melalui produk jamu tradisional dan kemasan, tentu hal ini bermanfaat untuk pengetahuan mereka," katanya.

Puncak final pemilihan itu rencananya di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur pada Minggu (7/12), sedangkan sejak Jumat (5/12) mereka menjalani karantina sebagai tahapan seleksi dipusatkan di Hotel Pondok Tingal, sekitar 500 meter timur Candi Borobudur.

Ia mengatakan kriteria penilaian pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2014, antara lain pengetahuan tentang jamu, kemampuan menyeduh dan menjual, keterampilan interpersonal, etika, dan penampilan.

Peserta pemilihan Ratu Jamu Gendong berusia 18-35 tahun, sedangkan Jamu Gendong Teladan 35-55 tahun. Tahapan audisi yang diikuti 707 orang berlangsung di tujuh kota, yakni Jakarta, Bogor, Bandung, Cikampek, Cirebon, Semarang, dan Solo, sejak Agustus hingga Oktober 2014.

Pemilihan Ratu Jamu Gendong dan Jamu Gendong Teladan 2014 diprakarsai sejak 2008 oleh perusahaan jamu, PT Jamu Jago. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,