Pencarian 7 Jam Walikota Seoul ditemukan tewas di gunung

Pencarian 7 Jam Walikota Seoul ditemukan tewas di gunung

Evakuasi jenazah walikota Seoul di Gunung Bukak wilayah Seongbuk-gu Korea Selatan. (foto - topnewstoday)

Seoul  -  Walikota  Seoul  Korea  Selatan  ditemukan  tewas  di  pegunungan.  Jasad Park  Won-soon ditemukan  di  Gunung Bukak wilayah Seongbuk-gu, pada Jumat 10 Juli dinihari waktu setempat. Wilayah itu dekat dengan rumah dinasnya di Jongno-gu.

Dilansir CNN, Jumat (10/7/2020) pihak kepolisian belum mengungkap mengenai penyebab kematian Park demi menjaga privasinya. Namun mereka tidak mengesampingkan kemungkinan tindakan kejahatan.

Pejabat di Departemen Biro Kejahatan Kepolisian Metropolitan Seoul, Choi Ik Soo mengatakan, tak ada surat bunuh diri ditemukan, dan barang-barangnya ditemukan di sekitar lokasi. Menurut polisi, pejabat 64 tahun itu pertama kali dilaporkan hilang oleh putrinya pada Kamis malam.

Selama tujuh jam, sekitar 600 anggota kepolisian dan petugas pemadam kebakaran, bersama tiga ekor anjing pelacak dikerahkan untuk melakukan pencarian. Akhirnya jasad Park ditemukan anjing pelacak dan diidentifikasi petugas pemadam kebakaran.

Jenazah walikota Seoul dibawa ke National University Hospital Korea Selatan. (foto - AFP)

 

Park lahir pada 1956 di Provinsi Gyeongsang, menurut situs web pemerintah Seoul. Setelah bekerja sebagai jaksa, ia menjabat Sekjen Solidaritas Rakyat untuk Partisipasi Demokratisasi, sebuah NGO besar, selama beberapa tahun. Ia menjabat Walikota Seoul sejak 2011, dan dipandang sebagai harapan bagi kaum liberal negara itu dalam pemilihan presiden 2022.

Saat Park terpilih dalam kemenangan besar melawan partai yang berkuasa hampir satu dekade lalu tanpa ikatan politik atau pengalaman, hal itu memicu perdebatan publik. Kemenangannya yang tak terduga dipandang sebagai tanda Korea Selatan bosan dengan politik tradisional.

Mantan pengacara HAM itu maju secara independen tetapi menjalin aliansi dengan partai oposisi. Ia memperjuangkan proyek kesejahteraan kota dan menjadi simbol reformasi di kota yang pada 2019 memiliki populasi sekitar 10 juta. Ia terpilih kembali sebagai walikota pada 2014 dan kembali terpilih pada 2018. Masa jabatannya akan berakhir hingga 2022.

Walikota Seoul Korea Selatan Park Won-soon. (foto - Straits Times)

 

Menyoal tuduhan pelanggaran seksual terhadap Park, Choi mengkonfirmasi laporan hukum yang melibatkan Park telah diajukan ke polisi pada Rabu. Menurut UU Korea Selatan, ketika seorang tersangka meninggal, investigasi terbuka untuk ditutup karena jaksa tidak memiliki dasar untuk membuat dakwaan.

Sebelumnya, tim pencarian telah menjelajahi Taman Waryong yang terpantau pada rekaman CCTV pada Kamis. Sinyal ponsel terakhirnya terdeteksi di Seongbuk-gu, di mana jasadn Park akhirnya ditemukan. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,