Pemungutan Suara Pemilu 2020 di Singapura Hingga Malam

Pemungutan Suara Pemilu 2020 di Singapura Hingga Malam

Para pemilih yang berusia muda dijadwalkan datang ke TPS dari siang hingga sore hari. (foto - Straits Times)

Singapura - Singapura  menggelar  Pemilu  di  tengah  pandemi  virus  Corona  (Covid-19),  Jumat  10  Juli  dari  pagi  hingga malam hari. Protokol kesehatan pun diberlakukan hingga mengakibatkan antrean pemilih mengular atau lebih panjang dibandingkan saat kondisi normal.

Dilansir Channel News Asia, Jumat (10/7/2020) Departemen Pemilu Singapura (ELD) menyebutkan, antrean panjang terlihat di sejumlah TPS seluruh negeri sejak pagi hari. Pihaknya menerapkan protokol keamanan tambahan, guna memastikan pemungutan suara berjalan aman.

Bagi pemilih yang berusia 65 tahun ke atas diberikan jadwal memilih mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 waktu setempat. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir kontak dengan pemilih yang berusia muda.

Sementara pemilih yang berusia muda diminta mendatangi TPS pada siang hari. ELD juga mendorong para pemilih mengecek antrean di setiap TPS melalui situs web VoteQ.gowhere.gov.sg, sebelum menuju TPS. Antrean panjang mulai berkurang sekitar pukul 11.00.

Sebagian besar pemilih lansia yang bermasalah jika harus berdiri cukup lama, diberikan kursi untuk duduk. "Terakhir kali kami memilih enggak begini," kata Tan (74) yang mengantre di TPS kawasan Bukit Merah. "Sekarang kami harus menunggu cukup lama," lanjutnya.

Berdasarkan data yang masuk hingga Jumat siang, baru sekitar 31 persen warga Singapura yang menggunakan hak pilihnya, atau sekitar 840.000 pemilih. Sebanyak 2,65 juta warga Singapura diperkirakan menggunakan hak pilih pada Pemilu 2020.

Mereka menggunakan hak pilihnya di 1.100 TPS di seluruh negeri. Sebanyak 10 partai oposisi dan satu kandidat independen menantang Partai Aksi Rakyat yang berkuasa dalam pemilihan ini. Di mana warga Singapura akan memilih 93 Anggota Parlemen.

Diketahui, kursi di 17 GRC (Konstituensi Perwakilan Kelompok) dan 14 SMC (Konstituensi Anggota Perseorangan) sedang diperebutkan. Tidak ada surat suara akan dikeluarkan setelah pemungutan suara ditutup pada pukul 8 malam. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,