Panitia dan Peserta UTBK Unpad Rapid Test, 5 Orang Reaktif

Panitia dan Peserta UTBK Unpad Rapid Test, 5 Orang Reaktif

Pelaksanaan UTBK di Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang. (foto - unpad)

Sumedang  -  Universitas  Padjadjaran  (Unpad)  bekerja sama  dengan  Gugus  Tugas  Percepatan  Penanganan  Covid-19 Jabar mengadakan rapid test bagi peserta dan panitia Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kampus Jatinangor Kabupaten Sumedang, Sabtu (11/7/2020).

Rapid test dilakukan terhadap 184 orang yang dipilih secara acak. Dari jumlah tersebut, sedikitnya ada lima peserta rapid test yang direkomendasikan untuk melakukan tes lebih lanjut, karena hasilnya menunjukkan reaktif.

Ketua Satgas Covid-19 Unpad Setiawan menjelaskan, rapid test merupakan bagian dari kegiatan Gugus Tugas Covid-19 Jabar dalam pelaksanaan UTBK. "Dari 184 orang yang ikut rapid test massal, ada 5 orang dinyatakan reaktif. Antara lain 4 orang panitia UTBK Unpad dan 1 peserta UTBK," katanya.

Ia mengatakan, hasil rapid test tersebut tidak definitif. Artinya, tidak berarti bahwa kelima orang itu terinfkesi Covid-19, namun kelimanya dianjurkan untuk beristirahat dan melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing.

"Meski demikian, kita telah meminta kepada mereka untuk segera melakukan isolasi mandiri, sekaligus menjaga protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan," katanya.

Untuk memastikan kesehatannya, kelimanya akan menjalani tindak lanjut pemeriksaan swab test PCR (Polymerase Chain Reaction) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jabar di Kota Bandung.

"Swab test PCR direncanakan akan dilakukan pada Senin 13 Juli 2020, di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jabar yang ada di Kota Bandung," tegas Setiawan.

Rapid test peserta UTBK di Kampus Unpad Jatinangor Kabupaten Sumedang.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad Dandi Supriadi menyatakan, uji tes cepat itu merupakan program dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar, yang mengadakan sampling test di setiap perguruan tinggi yang menjadi lokasi ujian UTBK di Jabar.

"Untuk Unpad sendiri karena pelaksanaan UTBK hanya berlangsung di Kampus Jatinangor, maka pelaksanaan rapid test pun hanya dilaksanakan di Kampus Jatinangor," katanya.

Bagi perserta yang melaksanakan rapid test dengan hasil reaktif akan langsung diarahkan ke pemeriksaan swab test. "Bagi yang hasilnya reaktif akan diarahkan ke pemeriksaan swab test di Labkesda Jabar di Bandung. Mereka bisa diperiksa secara cuma-cuma," katanya.

Berdasarkan hasil catatan yang diperoleh lanjut Dandi, diperkirakan terdapat 88 orang panitia yang mengikuti rapid test. "Sedangkan sisanya peserta, karena targetnya memang peserta (UTBK) sekitar 100 orang," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,