Penembakan di Gereja Afrika Selatan Tewaskan Lima Orang

Penembakan di Gereja Afrika Selatan Tewaskan Lima Orang

Kepanikan warga di sekitar Gereja Pentekosta Pretoria sebelah barat Johannesburg saat terjadi penembakan. (foto - Anadolu Agency)

Johannesbur  -  Insiden  penembakan  terjadi  di  sebuah  gereja  Afrika  Selatan  menewaskan  lima  orang  dan sejumlah orang berhasil ditangkap.

"Empat orang ditemukan ditembak dan dibakar hingga tewas di dalam mobil, sedangkan seorang korban kelima yakni seorang penjaga keamanan ditembak di dalam mobilnya saat menghadiri acara itu," kata kepala kepolisian Afrika Selatan Jenderal Khehla John Sitole.

Dilansir AFP, Sabtu (11/7/2020) penembakan itu terjadi pada Sabtu pagi waktu setempat, saat sebuah kelompok bersenjata menyerbu Gereja Pentakosta Kekudusan Internasional di Zuurbekom, yang berada di sebelah barat Johannesburg," kata polisi.

Menurut Sitole, polisi merespons laporan peristiwa tersebut dengan menyebut "penembakan dan dugaan situasi penyanderaan" serta menyita lebih dari 34 senjata api termasuk 5 senapan, 16 senjata lainnya dan 13 pistol.

Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan pihak kepolisian. 

 

"Saya yakin, respons cepat oleh pasukan keamanan gabungan telah mencegah apa yang bisa menjadi mandi darah yang lebih parah," katanya.

Lebih dari 40 tersangka penembakan, termasuk enam yang dibawa ke rumah sakit ditangkap. Mereka termasuk anggota polisi Afrika Selatan, pasukan Pertahanan Nasional, polisi metro Johannesburg dan Departemen Layanan Pemasyarakatan.

Namun demikian Brigadir Wisnu Naidoo mengatakan, petugas penegak hukum yang ditangkap adalah jemaah yang terjebak dalam bentrokan. "Mereka ditangkap dalam kapasitasnya sebagai anggota gereja, bukan sebagai petugas," kata Naidoo. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,