Malaysia Tahan Pria Penyelundup Sabu Rp77,5 M

Malaysia Tahan Pria Penyelundup Sabu Rp77,5 M

Ilustrasi Foto:Net

Kuala Lumpur - Seorang lelaki ditahan polisi Malaysia karena mencoba menyelundupkan 115,8 kg shabu-shabu senilai 21 juta ringgit (Rp77,5 miliar) melalui lapangan terbang Miri, Sarawak.

Tersangka berusia 21 itu mencoba menyuap petugas yang memeriksa tasnya dengan uang sebanyak 1,2 juta ringgit (Rp4,4 miliar), demikian dilaporkan media-media lokal di Kuala Lumpur, Sabtu (6/12/2014).

Menurut sumber polisi, tersangka yang akan menaiki penerbangan ke Kuala Lumpur menunjukkan gelagat mencurigakan dan enggan membiarkan tasnya diperiksa petugas.

"Tersangka langsung menuju kaunter pendaftaran untuk memasukkan keenam tasnya, namun anggota polisi menghalangi dan memintanya melalui mesin pengimbas," kata sumber itu.

Hasil imbasan menunjukkan adanya narkoba jenis shabu yang disembunyikan dalam butiran kristal di dalam tas itu, lanjut dia.

Upaya tersangka untuk menyuap petugas tidak berhasil dan ia ditahan serta diserahkan kepada Unit Kejahatan Narkoba Kepolisian Miri untuk tindakan lanjut.

Sementara itu Sekretaris Kepolisian Negeri Datuk Seri Mohammad Sabtu Osman mengatakan tersangka masih ditahan untuk penyelidikan lebih lanjut.

Polisi masih menyelidiki kemungkinan ada individu lain bersama tersangka di lapangan terbang tersebut ataupun keterlibatan sindikat pengedar narkoba.

Kasus ini diusut berdasar Seksyen 39B Akta Dadah Berbahaya 1952 dengan ancaman hukuman mati jika terbukti bersalah. (AY)

.

Categories:Internasional,